Indonesia Lolos dari Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023 Usai Bantai Taiwan

SWARAJAMBI.ID -- Kerja keras menjadi kunci sukses skuad Garuda meraih kemenangan pada Senin (11/10/2021) malam. Indonesia sukses membungkam Taiwan dengan skor 3-0 pada leg kedua di Stadion Chang Arena Buriram, Thailand.

Dengan hasil positif tersebut Timnas Indonesia berhasil lolos dari playoff Kualifikasi Piala Asia 2023. 

Kemenangan 3-0 diraih berkat gol-gol yang dicetak oleh Egy Maulana Vikri, Ricky Kambuaya, dan Witan Sulaeman. Kemenangan kedua ini membuat Timnas Indonesia menang agregat 5-1 setelah menang 2-1 pada leg pertama.

Tim asuhan Shin Tae-yong tetap mengontrol Taiwan sejak awal laga meski melakukan empat rotasi pemain dalam susunan pemain utama. Hanya saja Evan Dimas Cs cukup kesulitan untuk membuat peluang-peluang berbahaya.

Justru Taiwan yang lebih dulu mengancam gawang Timnas Indonesia. Wu Chun Ching mencoba peruntungannya pada menit ke-8, tetapi upayanya masih melenceng.

Timnas Indonesia sebenarnya mencetak gol pada menit ke-15. Tetapi tidak disahkan wasit karena dalam prosesnya Adam Alis terjebak offside saat menerima operan dari Egy Maulana Vikri.

Selepas itu, Pasukan Garuda terus melakukan tekanan untuk mencari gol pembuka. Peluang terbaik didapatkan Ricky Kambuaya yang sayangnya gagal melepaskan tendangan saat mencoba menyambar bola liar di kotak penalti.

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya tercipta lewat Egy Maulana Vikri pada menit ke-28. Pemain FK Senica itu sebenarnya mengirim umpan silang yang justru meluncur ke gawang Taiwan. 1-0 Timnas Indonesia memimpin.

Unggul 1 gol tak membuat Timnas Indonesia mengendurkan serangan. Adam Alis turut mencoba peruntungan dengan melepas tendangan jarak jauh yang masih bisa diamankan kiper Shin Shin-An.

Pasukan Garuda mendapat dua peluang emas beruntun saat laga memasuki menit ke-40. Ricky Kambuaya dan Dedik Setiawan gagal memaksimalkan peluang-peluang yang mereka dapatkan.

Pelatih Shin Tae-yong melakukan pergantian pada awal babak kedua. Witan Sulaeman ia turunkan untuk menggantikan Adam Alis.

Egy nyaris menggandakan keunggulan Timnas Indonesia setelah menerima umpan silang dari Dedik Setiawan. Sayang sontekan Egy tak tepat sasaran.

Gol penambah keunggulan berhasil diciptakan Timnas Indonesia pada menit ke-56. Ricky Kambuaya lewat tendangan kerasnya merobek jala Taiwan sekaligus membawa timnas unggul 2-0.

Evan Dimas ikut penasaran untuk mencatatkan namanya di papan skor. Pemain Bhayangkara FC itu dua kali melepas tendangan yang masih bisa diamankan Shin Shin-An.

Setelah itu giliran Dedik Setiawan yang mendapat peluang beruntun. Peluang pertama lewat sundulannya membentur mistar dan percobaan keduanya sukses dihalau Shin Shin-An.

Witan mencetak gol penutup pada akhir laga. Timnas Indonesia pun berhasil memenangi pertandingan dengan skor 3-0.(*/sj)


Susunan pemain Timnas Indonesia

22-Muhammad Riyandi; 14-Asnawi Mangkualam, 4-Ryuji Utomo, 11-Victor Igbonefo, 8-Pratama Arhan; 13-Rachmat Irianto, 6-Evan Dimas (Syahrian Abimanyu 74'), 15-Ricky Kambuaya (Kadek Agung 90+1'); 18-Adam Alis (Witan Sulaeman 46'), 12-Dedik Setiawan (Kushedya Yudo 90+1'), 10-Egy Maulana Vikri (Ramai Rumakiek 74')