Tiga Jam Membara, Helikopter Water Bombing Padamkan Kebakaran Lahan di Desa Bakung

SWARAJAMBI.ID, MUAROJAMBI -- Selain dua armada pemadam kebakaran (damkar), tim Gabungan dan masyarakat yang memadamkan kebakaran lahan kosong yang berada pinggir jalan lintas Jambi-Muarasabak,  di RT 05 Desa Bakung, Kecamatan Marosebo, juga dibantu Helikopter water boombing, Minggu (24/10/2021). Sehingga kebakaran yang terjadi pada pukul 12.30 WIB tersebut bisa diatasi dengan cepat. 

Sementara penyebab  kebakaran lahan kosong itu masih tahap penyelidikan. Petugas juga telah memasang garis polisi di lokasi kebakaran.

Kapolres Muarojambi AKBP Yuyan Priatmaja didampingi Kapolsek Marosebo Iptu Taroni Zebua mengatakan, begitu mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada lahan kosong yang terbakar, pihaknya langsung turunkan tim untuk segera dilakukan pemadaman. Dengan melibatkan sebanyak 42 personel dari jajaran TNI-Polri, BPBD, PT KTN dan masyarakat setempat.

"Luas lahan yang terbakar kurang lebih empat hektare yang mana lahan yang terbakar berupa lahan kosong dengan vegetasi semak belukar, dengan jenis tanah mineral," kata Yuyan.

Ia menjelaskan saat ini api telah berhasil dipadamkan. "Kebakaran itu sudah berhasil dipadamkan sekira pukul 15:10 WIB dengan kerja keras tim karhutla dan didukung cuaca yang turun hujan," kata perwira melati dua ini.

"Untuk pemilik lahan masih belum diketahui dan kita akan selidiki siapa pemiliknya," katanya lagi.

Setelah berhasil dipadamkan, tim selanjutnya memasang garis polisi di area terbakar dan memanggil para saksi untuk dimintai keterangan terkait kebakaran tersebut. "Penyebabnya lagi diselidiki, apakah ada unsur kesengajaan atau bukan. Kita juga melakukan pemeriksaan terhadap saksi dan mencari siapa pemilik lahan tersebut," kata Iptu Taroni Zebua menambahkan.(*/sj)