Vaksin Dosis Dua Masih 60 Persen

SWARAJAMBI.ID, JAMBI -- Pemkot Jambi  terus menggeber vaksin dosis kedua terhadap masyarakat. Pasalnya, realisasi vaksin dosis kedua di Kota Jambi baru mencapai 60 persen.

Berdasarkan data yang dirilis Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Jambi, untuk realisasi vaksin dosis pertama usia 12-17 tahun sudah di atas 100 persen dari terget 59.400 orang. Sementara vaksin dosis kedua usia 12-17 tahun kini baru mencapai 66,18 persen.

Untuk vaksin pertama usia 18 tahun keatas realisianya kini 85,48 persen dari target 400,739 orang, dan untuk vaksin dosis keduanya baru 60,44 persen. Angka tersebut berdasarkan data per 11 Oktober 2021.

Kadis Kominfo Kota Jambi, Abu Bakar  mengatakan, kini pihaknya memang tengah menggalakan vaksin dosis kedua terhadap masyarakat.

“Kita optimalkan vaksin digelar di puskesmas-puskesmas Kota Jambi dan mungkin nanti bisa kita gelar secara massal,” kata Abu Bakar, di ruang kerjanya,  Selasa (12/10/2021).

“Vaksin dosis kedua yang masih rendah memang usia anak dan lansia. Tapi kan ada sebagian yang memang masih menunggu masanya lewat 28 hari dari dosis pertama,” tambahnya.

Abu Bakar menyebutkan, capaian vaksin untuk Kota Jambi cukup baik di tingkat nasional. Hal itu memang untuk capaian herd immunity.

“Meski target vaksin cukup baik, vaksin bukanlah obat anti covid, namun upaya mengurangi terjadinya infeksi covid supaya tidak berat. Pada initinya masyarakat tetap harus disiplin protokol kesehatan,” sebutnya.

Lanjut Abu, kini juga tengah diterapkan aplikasi peduli lindungi untuk tempat pelayanan publik pemerintah dan sektor usaha menengah keatas. Pengunjung memang diwajibkan menunjukan kartu vaksin.

“Itu salah satu media untuk proteksi dini. Kita berharap itu tetap diterapkan,” jelasnya. (*/sj)