Bangkitkan Wisata, Walikota Fasha Dorong Inovasi Kuliner Tradisional Kota Jambi

 

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi terus berupaya menggairahkan dan membangkitkan kembali sektor-sektor yang terdampak pandemi Covid-19. Salah satunya adalah sektor pariwisata dan ekonomi kreatif lewat berbagai macam kuliner tradisional yang dimiliki Kota Jambi. Selain tidak hanya dipertahankan keberadaannya, tetapi juga dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kuliner tradisional ini harus dimodifikasi sedemikian rupa. Sehingga mampu menjadi perhatian, tidak hanya di tingkat kota, namun juga mampu menjadi perhatian di tingkat nasional hingga internasional," ujar Walikota Jambi Sy Fasha saat menghadiri Festival Kuliner Art di kawasan Wisata Danau Sipin, Minggu (28/11/2021).

"Harus mejadi daya tarik pendatang dan wisatawan,” katanya lagi.

Fasha kembali mengatakan kuliner tradisional yang diolah tidak hanya terpaku pada bumbu dan hiasannya saja. Namun dapat diolah lebih baik lagi. “Festival ini juga untuk menemukan kuliner-kuliner andalan. Jadi nanti wisatawan datang tidak hanya menikmati tempat wisata yang kita sediakan, namun juga kuliner khas yang telah dimodifikasi sedemikian rupa,” jelasnya.

Sementara itu, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jambi, Mariani Yanti mengatakan, pihaknya juga terus berupaya melestarikan inovasi di bidang kuliner khususnya, untuk mestimulasi dan meberikan insentif ke pelaku usaha khususnya di bidang kuliner.

“Kita terus berupaya meningkatkan keyakikan dan kepercayaan pelaku usaha kuliner untuk mencetak ekonomi, akibat dampak Covid-19. Tentu harapannya, ini memiliki nilai berharga di mata para wisatawan,” singkatnya. (*/sj)