Bikin Macet, Pengisian BBM Truk Batubara di SPBU Dibatasi 30 Liter Sehari

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Antrian panjang yang terjadi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Jambi mulai teratasi. Walikota Jambi Sy Fasha mengeluarkan surat edaran (SE) nomor DG.00.02/886/SE/2021 tentang pengaturan penggunaan bahan bakar solar untuk kendaraan roda enam atau lebih di SPBU wilayah dalam Kota Jambi.

SE tertanggal 3 November 2021 tersebut  membatasi maksimal pembelian 30 liter dalam 1 hari. Kecuali kendaraan angkutan bahan-bahan esensial kebutuhan masyarakat.

Dalam SE  juga mengatur pembelian bahan bakar di SPBU  tidak diperkenankan keluar (antrean,red) dari area SPBU.

"Pengaturan tersebut menjadi tanggungjawab pihak SPBU," kata Kepala Diskominfo Kota Jambi, Abu Bakar, (7/11/2021).

Pembinaan dan pengawasan terhadap penerapan surat edaran tersebut dilakukan oleh tim terpadu Pemerintah Kota Jambi dan TNI-Polri. “Edaran dan aturan ini berlaku mulai besok (hari ini,red),” ujarnya.

Sebelumnya Wali Kota Jambi, Syarif Fasha mengatakan, berdasarkan hitungan balai transportasi darat, mobil batu bara yang melintas di Kota Jambi lebih kurang 4000 mobil. Itu belum mobil angkutan sawit. Dengan banyaknya jumlah angkutan tersebut menjadi penyebab antrean panjang solar di SPBU dalam Kota Jambi. Sehingga diambil kebijakan pembatasan.

Sementara truk pengangkut sembako, ekspedisi, dan travel tidak dilakukan pembatasan. Mereka diperbolehkan mengisi sesuai kebutuhan.

“Akan kita turunkan personil ditiap-tiap SPBU untuk menjaga dan mengawasi pendistribusian oleh operator SPBU,” jelasnya.

Mekanisme penerapan pembatasan tersebut, akan ada tim gabungan TNI/Polri dan Pemkot Jambi untuk melakukan penjagaan di SPBU. Petugas berjaga diatur 3 shif. Mereka akan mengawasi, baik kerja operator SPBU dan juga antrean truk-truk. 

“Banyak keluhan menumpuknya truk-truk. Juga membuat warga Kota Jambi tidak kebagian solar. Ditambah lagi, banyak truk yang modifikasi ukuran tangki. Pertamina tidak menambah kuota solar,” katanya.

Jika nantinya ada SPBU yang nakal, Fasha meminta agar Pertamina menghentikan pasokan solar ke SPBU tersebut.(*/sj)