Ditandai Bunyi Sirine, Pemkot Peringati Hari Pahlawan Dibawah Gerimis Hujan

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Pemerintah Kota Jambi tetap memperingati Hari Pahlawan meski dibawah gerimis hujan di Lapangan Utama Balaikota Jambi, Rabu (10/11/2021). Upacara yang turut dihadiri sejumlah veteran ini dipimpin langsung Walikota Sy Fasha.

Wali Kota menyampaikan amanat dari Menteri Sosial mengatakan semangat, tekad dan keyakinan pahlawan harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan semua untuk mengemban misi bersejarah “mengalahkan” musuh bersama. Yakni kemiskinan dan kebodohan. Tahun ini tema hari pahlawan tahun 2021, Pahlawanku Inspirasiku.

 "Melalui peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021, marilah kita bersama-sama bahu membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan, memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing," beber Fasha.

Terlepas dari itu peringatan hari pahlawan tahun 2021 ada yang berbeda. Yang biasanya, saat mengheningkan cipta diiringi dengan lagu Mengheningkan Cipta, kini hanya ditandai dengan bunyi sirine selama 1 menit.

“Di hari pahalwan ini, kita sebagai penerus akan tetap komit apa yang dipesankan para pahlawan. Baik mengatasi kemiskinan dan kebodohan di Kota jambi khususnya,” jelasnya.

Selesai upacara, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan secara simbolis ke beberapa veteran Kota Jambi. Kemudian dilanjutkan dengan ziarah ke makam pahlawan Raden Mattaher, di Legok, Danausipin oleh Wakil Wali Kota Jambi, Maulana beserta rombongan. 

“Kami hadir di sini untuk mendoakan pahlawan serta para pejuang Jambi, semoga amal baktinya diterima dan ditempatkan di tempat terbaik disisi Allah,” Ujar Maulana, usai menabur bunga.

Di samping itu, ia mengimbau kepada seluruh pemuda, khususnya di Kota Jambi, agar selalu meneladani sifat patriotik untuk membangun Jambi ke depannya. Sebab menurutnya, saat ini perjuangan bangsa ini bukan lagi melawan penjajah, tetapi bangsa itu sendiri. 

“Saat ini musuh kita bersama adalah kemiskinan dan kebodohan, oleh karna itu perjuangan kita sekarang adalah membangun dan memperbaiki Jambi,” timpalnya.(*/sj)