Ini Alasan Al Haris Hilangkan Anggaran Pembelian Kendaraan Dinas di Lingkungan Pemprov Jambi

Gubernur Jambi Al Haris

SWARAJAMBI.ID, JAMBI -- Gubernur Jambi Al Haris memastikan tidak ada pembelian kendaraan dinas dan rehab kantor pada anggaran tahun 2022. Haris menyatakan anggaran mendatang difokuskan untuk perbaikan jalan, beasiswa anak-anak miskin dan pemulihan ekonomi masyarakat.

"Tidak sedikit kita temui pejabat memiliki tiga mobil di rumahnya.  Sementara di luar sana banyak masyarakat yang masih membutuhkan bantuan pemerintah," kata Al Haris, Selasa (2/11/2021).

"Pihaknya (pemerintah provinsi) bersama DPRD Provinsi Jambi telah sepakat untuk tidak membeli kendaraan dinas dan rehab kantor, kecuali kondisi kantor benar-benar memprihatinkan," imbuhnya.

Menurut Haris, selama ini banyak anggaran yang hanya digunakan untuk rutinitas seperti membeli kendaraan dinas, komputer, rehab gedung kantor sampai menggunakan jasa arsitektur dan belanja barang lainnya yang sebenarnya tidak terlalu mendesak.

Sementara anggaran tersebut dapat dialihkan untuk pembangunan yang lebih bermanfaat dan pembangunan yang dapat langsung di rasakan oleh masyarakat manfaatnya. "Seperti perbaikan jalan rusak, jembatan, beasiswa bagi anak-anak tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan," ujarnya.

Selain itu  Haris turut mengajak seluruh kepala daerah di Provinsi Jambi bersinergi membangun Provinsi Jambi dan daerah masing-masing khususnya.

Menurutnya pembangunan tidak akan berjalan dengan baik dan efektif tanpa adanya sinergi antara kepala daerah. Dicontohkan, gubernur tidak akan dapat menjalankan programnya dengan baik jika tidak bersinergi dengan bupati dan walikota. Begitu pula sebaliknya program pemerintah daerah tidak akan berjalan dengan efektif jika tidak bersinergi dengan Pemerintah Provinsi.

"Maka dari itu Gubernur, Bupati dan Wali Kota serta Forkompinda harus bersinergi dalam mewujudkan pembangunan yang di harapkan," kata Al Haris.(*/sj)