Provinsi Jambi Siaga Bencana Hidrometeorologi

SWARAJAMBI.ID, JAMBI -- Provinsi Jambi tengah bersiap-siap melakukan pencegahan bencana Hidrometeorologi dengan menetapkan status kesiapsiagaan bencana. Sehingga antisipasi bisa dilakukan dengan baik.

Untuk persiapan kesiapsiagaan tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi akan menggelar apel kesiapsiagaan pada Senin (22/11) mendatang.

Apel tersebut dilakukan di Ditpolairud Polda Jambi yang dipimpin langsung oleh Gubernur Jambi Al Haris. Kemudian diikuti oleh TNI - Polri, BPBD Provinsi Jambi dan Basarnas Provinsi Jambi.

“Nanti sekaligus pengecekkan debit atau ketinggian sungai Batanghari,” kata Bachyuni Kepala BPBD Provinsi Jambi, Jumat (19/11).

Lanjutnya, pihaknya juga belum menaikkan status siaga bencana hindrometeorologi, pasalnya sampai saat ini belum ada banjir besar yang melanda di daerah kabupaten kota.

“Belum bisa kita naikkan, karen kabupaten kota juga belum menaikkan statusnya,” tambahnya.

Kata Bachyuni, saat ini juga puncak musim hujan belum merata di Provinsi Jambi, masih ada daerah yang tanpa hujan dalam kurun waktu tiga sampai lima hari.

'‘Kita akan persiapkan ini dulu, kita melihat sikon dan akan mendirikan posko pemantauan,” sebutnya.

Sebelumnya, BPBD Provinsi Jambi tengah menghitung personil dan peralatan yang dapat digunakan apabila terjadi banjir. Namun, kondisi saat ini hanya banjir sementara.

BPBD Provinsi Jambi sendiri telah menyiapkan tiga kapal evakuasi, dan kapal lainnya dibantu Ditpolairud dan Basarnas. Kapal ini tinggal digerakkan bila terjadi banjir.(*)


Pewarta: Iyan Zebua