Sampai di Pelabuhan, Pengecekan Dokumen 9 Unit Moge Terkesan Tidak Serius

SWARAJAMBI.ID, KUALATUNGKAL-- Sembilan unit motor gede (Moge) menjadi pusat perhatian warga di Pelabuhan Roro Kualatungkal, Jumat (19/11/2021). Motor mewah tersebut baru tiba dari  Pulau Batam. Barang mewah itu dibawa oleh kurir menggunakan KM Satria Pratama. 

Dari informasi menyebutkan 9 unit Moge tersebut akan melakukan touring di Pulau Jawa. Hanya saja tidak diketahui merek dari Moge itu. Sebab petugas Bea Cukai saat melakukan pemeriksaan tidak membuka habis terpal yang menutupi Moge tersebut. Sehingga kesannya petugas Bea Cukai tidak serius.

Bagian Bidang Pelaksanaan Penindakan Bea Cukai Kabupaten Tanjab Barat, Ari mengatakan dokumen kesembilan moge tersebut lengkap.  Hal itu berdasarkan pemeriksaan  dokumen keabsahan kendaraan.

"Secara keabsahannya sembilan unit Moge yang masuk ini sudah resmi dan motor tersebut digunakan untuk event seperti touring di pulau Jawa," katanya. 

Ia menyebut Moge yang masuk ke wilayah Kabupaten Tanjungjabung Barat melalui Pelabuhan Roro Kualatungkal telah mengajukan perizinan di Batam. Semua surat sudah dilengkapi.

"Kita disini hanya mengecek jika sudah sesuai, lengkap kita persilahkan untuk lewat, dan memang mereka (red.pemilik moge) sudah mempersiapkannya sewaktu di Kota Batam," sebutnya.

Kenapa pengecekan fisik hanya intip-intip saja, Ari menerangkan bahwa hal itu disesuaikan dahulu dengan dokumen yang ada oleh pemiliknya. "Kita cukup melihat plat dan jenis kendaraan saja. Kemudian melakukan pengecekan sesuai dokumen yang sudah ada, terkecuali tidak ada pemberitahuan dan tidak ada izin baru wajib kita periksa semuanya,"pungkasnya.(*)

Pewarta :  Iyan Zebua