Sempat Kabur ke Hutan, Fransiskus diamankan di Sungaibulu

SWARAJAMBI.ID, JAMBI -- Kembali tim gabungan Polda Jambi bersama Polres Batanghari menangkap tahanan Polres Batanghari yang kabur dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Muarabulian. Ia adalah Fransiskus yang berstatus tahanan narkotika. Fransiskus diamankan di Desa Sungaibulu, Kecamatan Muarabulian, Selasa (30/11/2021). 

Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Priyanto mengatakan,  Fransiskus berhasil ditangkap berdasarkan informasi dari warga setempat. Yang melihat tahanan tersebut akan menyetop kendaraan dan kemudian warga melaporkannya. 

"Sempat melarikan diri ke hutan. Namun berhasil kita tangkap.  Lalu dibawa ke Polsek Kota Muara Bulian," ujarnya.

Tidak hanya itu, kini Polda Jambi mengadakan sayembara bagi masyarakat yang mengetahui informasi mengenai tahanan kabur tersebut akan diberikan hadiah uang tunai sebesar Rp 1,5 juta. 

"Kita beri apresiasi atau bonus bagi masyarakat yang menemukan keberadaan tahanan ini, masyarakat tidak menangkap hanya memberikan informasi keberadaan tahanan ini saja jika mengetahui atau melihatnya, " pungkasnya. 

Jika masyarakat menemukan tahanan tersebut, dapat menghubungi kontak yang telah disediakan, yakni, 081278727589, atau 081263090452 dan bisa juga langsung ke Polsek terdekat.

Hingga kini, tersisa 5 orang tahanan lagi yang masih diburu. Mereka adalah Mat Tarjamin, Joko Purnomo, Dedek Arwanto, Sodikun, dan Rikhi Evalino. 

Sebelumnya Dirreskrimum Polda Jambi Kombes Pol Kaswandi Irwan mengatakan bahwa pihaknya sudah mengerahkan ratusan personel untuk mengejar tahanan kabur tersebut.

"Hingga saat ini, ada 102 Personel gabungan Polda Jambi dan Polres Jajaran yang terus melakukan pengejaran terhadap tahanan yang kabur ini, " kata Kombes Kaswandi. 

Dia menambahkan, indikasi petugas di lapangan sementara ada 1 orang tahanan yang sudah kabur ke luar provinsi. Sedangkan sisanya masih di Batanghari. 

"Satu orang tahanan kami deteksi sudah kabur ke luar Provinsi Jambi, kita akan terus lakukan upaya maksimal agar semua tahanan ini bisa kita tangkap kembali," pungkasnya.(*/sj)