Video Menteri Makan Steak Berdaun Emas Picu Netizen Vietnam Murka

SWARAJAMBI.ID -- Ulah Menteri Keamanan Rakyat Vietnam To Lam telah membuat warga Vietnam marah. Pemicunya, video dirinya yang menikmati gigitan steak yang disiram dengan daun emas di sebuah restoran mewah London memicu kemarahan netizen di negara itu. Sementara rakyat Vietnam rata-rata masih berpenghasilan beberapa dolar sehari.

To Lam adalah menteri keamanan rakyat- yang tugas kementeriannya menangani pemantauan perbedaan pendapat dan pengawasan para aktivis- terlihat menyelipkan sebongkah daging di Nusr-Et Steakhouse di daerah Knightsbridge.

Nusr-Et, diambil dari nama koki Turki Nusret Gokce - dikenal oleh hampir 40 juta pengikut di Instagramnya sebagai Salt Bae - menyajikan daging steak yang dibungkus dengan daun emas 24 karat yang dapat dimakan. Harga makanan itu lebih dari USD 1.000 (Rp 14 juta).

David Beckham, Leonardo DiCaprio, Naomi Campbell - dan sekarang To Lam yang berusia 64 tahun - pernah menjadi salah satu pengunjung dari restoran steak yang memiliki cabang di seluruh dunia itu.

Cuplikan video politisi Vietnam, yang awalnya diunggah oleh pihak restoran sebelum kemudian dihapus, telah menyebar di TikTok dan Facebook di Vietnam dua hari lalu.

Banyak warga marah karena video itu muncul di saat Vietnam sedang melawan gelombang dahsyat Covid-19 yang menghancurkan banyak lapangan pekerjaan dan menimbulkan dampak terhadap produk domestik bruto Vietnam.

"Orang-orang menghadapi kesulitan ekstrem karena pandemi, tetapi (pejabat) menikmati diri mereka sendiri dengan cara selebritas kelas dunia," tulis Pham Viet Duc di Facebook.

"Pemerintah selalu mengeluh kesulitan keuangan, tetapi mereka mencuri uang rakyat untuk kehidupan mewah ini seolah-olah tidak ada hari esok," jelasnya seperti dilansir dari laman Channel News Asia, Minggu (7/11).

Pengguna lain mengunggah gambar anak-anak miskin di daerah paling miskin di Vietnam dalam komentar tentang klip itu.

"Hanya sebuah kebetulan orang melihat video ini, tapi mereka selalu menghabiskan uang dengan cara ini atau seribu kali lebih banyak", jelas Tommy Lee di Facebook.

Rata-rata warga Vietnam memperoleh pendapatan bulanan sekitar USD 184 (Rp. 2jt) pada 2020, menurut Kantor Statistik Umum negara tersebut.

Tidak pasti kapan video itu direkam, tetapi Lam berada di Inggris untuk konferensi iklim COP26 dan bertemu dengan menteri dalam negeri Inggris pada hari Senin.

Lam, anggota politbiro Vietnam yang beranggotakan 18 orang, telah menjadi menteri keamanan rakyat sejak 2016 dan dikenal dengan tindakan kerasnya terhadap gerakan hak asasi manusia di negara komunis itu.(*)