30 Tahun Terpisah, Pria Austria Ini Bertemu Ibu Kandung di Jember Berkat Surat Lusuh

Romadoni Efendi bertemu dengan ibu kandungnya.

SWARAJAMBI.ID -- Berkat surat lusuh, Romadoni Efendi (32) warga Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang tinggal di Austria berhasil bertemu dengan ibu kandungnya. Romadoni pun tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya yang bisa bertemu kembali dengan ibu kandungnya, Sumartina, setelah terpisah sejak masih bayi di Kabupaten Jember, Jatim.

Keharuan dan rasa bahagia bercampur aduk menjadi satu setelah Romadoni yang akrab disapa Doni menatap wajah ibunya untuk pertama kalinya di Jalan Manyar Gang Kenanga Jember, Minggu (19/12/2021).

Saat pintu rumah diketuk, sang ibu langsung membuka pintu dan memeluk erat anaknya yang telah terpisah selama 30 tahun. Suasana haru pun pecah. Mereka kemudian bersenda gurau dan mencurahkan rasa rindu yang teramat dalam.

Menurut Romadoni Efendi, pencarian alamat ibunya berawal saat Banjarmasin dilanda banjir bandang. Doni mendapat telepon dari keluarga ayahnya untuk pulang ke Indonesia membantu saudaranya yang tertimpa banjir.

Pada saat mengemas majalah dan koran lusuh, saudara dari ayah Doni menemukan sepucuk surat lusuh yang gagal dikirim ayah Doni kepada ibu kandungnya yang beralamat di kawasan Kebon Agung, Kecamatan Kaliwates, Jember.

“Dari bekal surat lusuh itulah, saya mencoba mencari keberadaan ibu lewat media sosial yakni di infowarga Jember. Ternyata mendapat respons baik dari para netizen. Ada seorang netizen yang bermukim di Kalimantan usai melihat postingan di info warga jember langsung memberitahukan kepada saudaranya untuk ikut mencari keberadaan ibu saya,” katanya, Minggu (19/12/2021).

Setelah dicari hingga dua pekan, akhirnya alamat rumah ibu kandung Doni berhasil ditemukan. Doni kemudian mendapat nomor handphone ibundanya yang kemudian dilanjutkan dengan pertemuan di Jember.

Doni mengatakan, setelah menemukan ibu kandungnya dirinya akan pulang ke Austria dan mengumpulkan uang untuk kemudian hijrah ke Indonesia dan mengajak orang tua yang melahirkannya ikut bersama Doni.

Ibu kandung Doni, Sumartina mengaku senang dan bersyukur bisa bertemu kembali dengan anak kandungnya setelah 30 tahun berpisah. Titin panggilan akrab Sumartina sebenarnya ingin mencari keberadaan anaknya itu ke Kalimantan, karena alasan biaya dan waktu sehingga tak pernah menjumpai.

Romadoni datang menemui ibunya tidak sendirian. Pria yang bekerja di Jerman ini membawa serta istrinya, Yulia warga Austria.

Istri Doni, Yulia pun mengaku surprise karena keluarga suaminya di Indonesia telah ditemukan, apalagi sambutannya sangat hangat dan bersahaja.

Pertemuan Doni dengan ibunya tidak lepas dari jasa Cipto Utomo. Warga yang menemukan alamat ibu kandung Doni itu mengaku ikut senang karena bisa mengantarkan anak dan ibu kandung bertemu kembali.

Diketahui, Doni dan ibunya terpisah sejak usia 2 tahun setelah ibu dan ayahnya bercerai. Sang ibu, Sumartina tetap berada di Jember yakni di Jalan Pattimura dan ayahnya, Yusuf Efendi mengajak Romadoni hijrah ke Kalimantan Selatan.(*/sj)