Bergeser Sendiri, Ruko MR DIY Bangko Jadi Tontonan Warga

SWARAJAMBI.ID, MERANGIN -- Ruko tiga pintu depan Pasar Rakyat atau tepatnya berderetan dengan Melati Swalayan, Kota Bangko, Kabupaten Merangin, bergerak dan nyaris ambruk. Ruko dua lantai yang saat ini menjadi gerai MR DIY Bangko tersebut bergeser cukup jauh dari pondasi awal.

"Terlihat bangunan ruko turun sekitar 1,5 meter dan bergeser sekitar dua meter dari posisi awal. Namun kontruksi bangunan utuh sementara lantai retak-retak," kata Anto, warga setempat, Minggu (26/12/2021).

Tidak ada yang mengetahui pasti kapan bagunan ruko warna kuning coklat tersebut bergeser. Namun bergesernya Ruko MR DIY Bangko dari pondasinya ini telah memantik perhatian warga yang melintas di lokasi tersebut.

"Kalau jam pastinya tidak tau, baru pagi ini lah nampak Ruko ini bergeser, karena melihat banyak orang disini. Mungkin karena hujan tadi malam," ujar Aldi.

Bergesernya bangunan ruko ini terjadi Minggu dini hari. Seperti dikatakan Pian, salah satu saksi yang merasakan langsung getaran sesaat ruko tersebut turun dan bergeser dari posisi semula.

"Ya sekitar jam tiga tadi malam, saya di ruko depan terasa seperti gempa saat  bergeser. Tapi cuma sebentar kok," kata Pian.

Karena lokasi banyak warga membuat pihak kepolisian dari Polres Merangin menertibkan kendaraan yang parkir di badan jalan. Tidak ada korban jiwa dari bergesernya ruko MR DIY Bangko ini.(*/sj)