Cegah Varian Omicron, Pengetatan Jalur Masuk Pelabuhan

SWARAJAMBI.ID, KUALATUNGKAL -- Tim Satgas covid-19 Kabupaten Tanjungjabung Barat melakukan pengetatan disejumlah pelabuhan jelang perayaan Natal Dan Tahun Baru 2021. Ini juga dilakukan mencegah masuknya varian baru Covid-19, Omicron.

Kapolres Tanjab Barat, AKBP Muharman Arta, mengatakan sejumlah upaya telah dilakukan untuk mencegah masuknya varian omicron wilayah Jambi melalui jalur Tanjab Barat, yakni pengetatan jalur laut yang berada di Pelabuhan LLASDP Kualatungkal dan Pelabuhan Roro.

"Antisipasi penyebaran virus varian baru ini melalui orang yang masuk khususnya jalur laut melalui pelabuhan," katanya, Senin (20/12).

Wadansatagas Covid-19 Tanjab Barat, menjelaskan pemeriksaan itu meliputi dokumen kesehatan termasuk vaksinasi maupun penumpang dalam penerapan protokol kesehatan selama perjalanan. Hal ini dilakukan, karena penyebaran Omicron lebih cepat. "Dengan melakukan pemeriksaan surat vaksin, surat bebas covid, ataupun dokumen pendukung lain nya" ujarnya.

Selain itu, masyarakat diminta tidak panik jika ada gejala, segera berkoordinasi dengan tenaga medis. Yang paling penting agar Covid-19 tidak menyebar, maka perlu patuhi protkol kesehatan. "Jangan panik, segera vaksin yang belum. Tetap patuhi prokes, hindari kerumunan, dan upayakan tunda mudik," imbaunya.

Disisi lain, ia menyebutkan sejauh ini Tanjab Barat menduduki peringkat ketiga se-Provinsi Jambi dalam capaian vaksinasi. Hal ini merupakan bentuk keseriusan dalam mencegah penyebaran covid 19. "Kita di posisi ketiga setelah Tebo dan Kota Jambi. Posisi kita diangka 74 persen," tandasnya.(*/sj)