Dinsos Respon Keluhan Emak Emak Karena Ada Miskomunikasi

SWARAJAMBI.ID, JAMBI –  Dinas Sosial (Dinsos) Kota Jambi merespon keluhan para ibu rumah tangga yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Saat ini Dinsos sedang menjadwalkan mediasi untuk mencari solusi terkait keluhan tersebut.

"Jadi ada miskomunikasi antara PKM dengan pengelola E –warung, yaitu ibu-ibu Kelompok Usaha Bersama itu," ujar Kepala Dinsos Kota Jambi, Noviarman, Kamis (23/12/2021).

Namun, sambungnya, jika nanti terbukti melanggar aturan atau kecurangan dalam penyaluran tersebut, dirinya akan mengganti pendamping bantuan sosial di wilayah tersebut.

"Karena ini kali pertama, akan kita berikan peringatan pertama dan akan kita ganti pendamping bansosnya," kata Noviarman.

Untuk diketahui, pendamping bansos sendiri merupakan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang memang tidak memiliki insentif untuk mengelola E-warung. Diharapkan, mereka  dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial di tingkat kecamatan. Disamping itu juga terwujudnya koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi program dan kegiatan penyelenggaraan kesejahteraan sosial di tingkat kecamatan; dan terjalinnya kerja sama dan sinergi antara program penyelenggaraan kesejahteraan sosial dan program-program pembangunan lainnya di tingkat kecamatan.(*/sj)