Hargai Pahlawan, Pemkot Akan Bangun Patung Raden Mattaher


 SWARAJAMBI.ID, JAMBI -- Pemerintah Kota (Pemkot)  Jambi berencana akan membangun patung Raden Mattaher yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai Pahlawan Nasional. Patung Raden Mattaher tersebut rencananya akan diletakkan di bundaran Simpang Kawat, Kota Jambi. 

"Kami masih proses perencanaan, belum akan dibangun tahun 2022 karena keterbatasan anggaran. Kemungkinan di tahun 2023, tapi perencanaannya sudah mulai dilakukan," kata Kabid Cipta Karya, Dinas PUPR Kota Jambi, Momon Sukmana Fitra, Senin (20/12/2021).

Momon mengungkapkan  patung tersebut akan dibuat di Yogyakarta. Tempat yang sama  Pemkot Jambi  memesan Keris Siginjai yang berada di Bundaran Kotabaru. 

"Kita harus membuat patung yang kokoh. Karena ini adalah sejarah bangsa kita yang nantinya kita kenang dan untuk anak cucu kita ke depan sehingga mereka memahami," ujarnya.

Sebagaimana diketahui bahwa sejak tahun 2017 lalu, Wali Kota Fasha telah memulai langkah menginisiasi pengusulan gelar pahlawan nasional kepada para pejuang yang berasal dari Kota Jambi. Langkah tersebut dimulai dirinya pada tahun 2018 dengan mengusulkan Raden Mattaher menjadi Pahlawan Nasional.

Kegiatan yang berlangsung pada tahun 2018 lalu tersebut, dimulai dengan seminar penelitian dan pengkajian gelar kepahlawanan Raden Mattaher, yang bertujuan untuk menggali lebih jauh sepak terjang sosok seorang Raden Mattaher yang telah berjuang bagi kemerdekaan Indonesia, dari Kota Jambi.

Selanjutnya hasil seminar tersebut akan menghasilkan rekomendasi, yang akan disampaikan kepada dewan gelar pahlawan di tingkat pusat. Alhamdulillah walaupun pada tahun 2019 belum diumumkan, pada tahun 2020, Raden Mattaher, sudah mendapat gelar Pahlawan Nasional, yang diserahkan oleh Presiden Jokowi di Istana Negara kepada ahli waris pahlawan kebanggaan Kota Jambi dan Provinsi Jambi tersebut.(*/sj)