Kutukan Runner Up, Indonesia Dibantai Thailand 0-4

Timnas Indonesia Harua Akui Keunggulan Thailand.

SWARAJAMBI.ID – Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand di leg 1 final Piala AFF 2020. Diluar dugaan, skuad Garuda takluk dengan skor 0-4 di National Stadium, Rabu (29/12/2021). 

Bahkan Thailand langsung tampil agresif dalam laga ini. Alhasil, baru berjalan dua menit, mereka sudah mampu unggul. Gol dicetak oleh Chanatip Songkrasin, Tendangan kerasnya tak mampu dihalau oleh kiper Indonesia, Nadeo Argawinata.

Setelah itu, Indonesia praktis berada dalam tekanan Thailand. Negeri Gajah Perang tampil dominan dan membuat Skuad Garuda kewalahan.

Peluang emas didapat Indonesia di menit 40. Sayang, Alfeandra Dewangga yang sudah berdiri sendiri di depan gawang, tendangannya justru melambung tinggi.

Thailand kembali membobol gawang Indonesia di menit 52. Kali ini gol lewat skema serangan balik.

Lagi-lagi, Chanatip yang membobol gawang Indonesia. Dia lepas dari kawalan setelah menerima umpan dari Supachok Sarachat.

Indonesia sebenarnya bisa cetak gol lewat Irfan Jaya di menit 61. Namun Irfan membuang peluang emas tersebut. Tendangannya dari depan gawang masih bisa dihalau kiper Thailand, Siwarak Tengsudnoen. 

Alih-alih memperkecil kedudukan, gawang Indonesia kembali bobol di menit 67. Kali ini, Supachok Sarachat melepaskan tendangan dari luar kotak penalti.

Rapuhnya pertahanan Indonesia dimanfaatkan Thailand di menit 83. Bordin Phala mencatatkan namanya di papan skor.

Skor 4-0 untuk kemenangan Thailand bertahan hingga laga usai. Hasil ini membuat misi Indonesia memupus kutukan runner up semakin sulit.

Leg kedua kembali berlangsung di National Stadium pada 1 Januari 2022. Indonesia butuh kemenangan dengan selisih lima gol untuk jadi juara.(net)