Pemprov Serahkan Pengelolaan BLK Jambi ke Kementerian

SWARAJAMBI.ID, JAMBI - Untuk meningkatkan kualitas dan mutu sumber daya manusia, Pemprov Jambi akan menyerahkan pengelolaan Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Jambi ke kementerian. 
Gubernur Jambi, Al Haris meminta kepada anggota DPR RI Komisi IX untuk menyalurkan keinginan Pemprov Jambi ini. Karena DPR RI merupakan perpanjangan tangan rakyat di parlemen. Hal ini karena peningkatan mutu dan kualitas tenaga kerja juga harus ditingkatkan. "Jadi nanti Kementerian yang mengelola BLK kita, supaya standar pelatihan kerja di Jambi ini standar nasional," kata dia, Senin (27/12/2021). 
Jika sudah dikelola Kementerian dengan standar nasional, maka akan melahirkan dan menciptakan skil yang baik, sesuai dengan mutu dan standar nasional.  “Jadi Kementerian yang akan mengelola itu, dan semua program pelatihannya,” tambahnya. 
Sementara itu, Anggota Komisi IX DPR RI, Sutan Adil Hendra dari Dapil Provinsi Jambi mengatakan, dia tak rela mengirimkan tenaga kerja yang tak memiliki daya saing. 
Sehingga perlu, BLK Provinsi Jambi dikelola oleh pusat. Kemudian nanti ada anggaran dari APBN. “Agar SDM kita dari Jambi ini ketika di luar negeri punya penghasilan yang banyak, bukan hanya sebagai pembantu,” kata dia. 
Ia menambahkan perlu adanya pelatihan untuk meningkatkan dan menumbuhkan daya saing bagi para pekerja. Banyak anak Jambi yang tidak dapat kerja karena tak punya daya saing. 
“Saya tidak rela saudara dan anak kita di Jambi tidak mempunyai kerja dengan daya saing, tentu meningkatkan pelatihan sesuai dengan tuntutan negara yang bakal dikirim tenaga kerja,” sebutnya. 
"Ini akan dilaksanakan pada tahun 2023 mendatang, mengingat tahun ini APBN telah diketok palu lagi, sehingga tak mungkin untuk dilakukan tahun ini," katanya.(*/sj)