Pencuri Kotak Amal di Masjid Tinggalkan Sepucuk Surat, Isinya Membuat Haru

SWARAJAMBI.ID -- Kisah pencuri kotak amal di sebuah masjid yang terekam kamera CCTV ini mendadak viral di media sosial. Pasalnya, ia mencuri sambil meninggalkan sepucuk surat di masjid. Isi suratnya membuat haru.

Dalam surat tersebut, pencuri kotak amal berjanji akan mengembalikan hasil curiannya.

Kisah pencuri kotak amal viral itu salah satunya diunggah oleh akun Instagram gosip, @nyonya_gossip pada Sabtu (25/12/2021).

Aksi pencurian kotak amal ini terjadi di Masjid Baitur Roham Desa Demangan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, 

Dalam unggahan itu, diperlihatkan video detik-detik pria tersebut melakukan aksinya mencuri kotak amal di masjid.

Berdasarkan keterangan yang terdapat di video, aksi tersebut dilakukan pada Kamis (16/12/2021) sekitar pukul 02.00 WIB dini hari.

Dalam videonya, terlihat seorang pria yang mengenakan pakaian hitam masuk  ke masjid dengan mengendarai sepeda motor. Saat itu, masjid dan sekitarnya dalam keadaan sepi karena pelaku datang pada dini hari.

Pria itu lalu mendekati depan pintu masuk masjid, tempat kotak amal berada. Kemudian mencoba membuka kotak amal tersebut.

Setelah berhasil terbuka, ia pun langsung mengambil uang yang berada di dalam kotak amal. Setelah itu, pelaku membungkus uang tersebut menggunakan kain yang ia bawa dan langsung bergegas pergi.

Hal tak terduga dalam aksi pencurian ini, pelaku sengaja meninggalkan sepucuk surat yang ia tulis dalam kertas kecil.

Si pencuri itu lalu memasukan surat tersebut ke dalam kotak amal yang sudah kosong.

Lewat surat tersebut, sang pencuri mengungkapkan alasannya mencuri kotak amal.

Rupanya, ia butuh uang untuk membelikan ponsel kepada anaknya.

Sebab, saat ini sang anak harus melakukan sekolah online.

Mengaku tak bekerja, ia pun terpaksa mencuri. Namun, ia juga berjanji akan mengembalikan uang yang ia curi suatu saat nanti.

"Dalam jangka setahun, uang di dalam kotak ini akan aku kembalikan. Pada intinya anak saya butuh HP buat sekolah dan sekali saya minta maaf. Maklum saya tidak bekerja," isi surat tersebut.

Di akhir surat, pencuri yang menyebut dirinya sebagai Mister X itu menyarankan pada pengelola masjid agar menyimpan kotak amal agar lebih aman.

Usai viral, polisi langsung melakukan koordinasi dengan pengurus masjid. Sedangkan pihak masjid tidak melaporkan kejadian pencurian itu ke kepolisian karena kerugian kecil.

"Kami tetap lakukan penyelidikan. Tindakan itu untuk menekan kejahatan yang kecil mengembang menjadi besar yang dapat meresahkan masyarakat," kata Kasat Reskrim Polres Jepara AKP Fachrur Rozi, kepada wartawan.(*/sj)