Pilpres 2024, Duet Maut Politisi Dan Profesional, Ganjar-Erick!

SWARAJAMBI.ID --  Pasangan dari partai politik dan profesional menjadi kombinasi pas dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Duet Ganjar Pranowo dan Erick Thohir disebut-sebut paling potensial memenangi Pilpres 2024.

Pengamat Politik dari Universitas Indonesia (UI) Cecep Hidayat menilai, Ganjar-Erick paling pas dibanding pasangan lainnya.

"Ganjar dan Erick rekam jejaknya dan prestasi yang ditorehkan selama menjabat sebagai pejabat publik sudah dapat dilihat oleh masyarakat. Kombinasinya pas, politisi dan profesional," kata Cecep dalam keterangannya, Kamis (23/12).

Menurut Cecep, Ganjar Pranowo menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah juga kader PDIP. Meski, dinamika di internal partai membuat Ganjar memiliki tantangan. Walaupun di berbagai survei yang dilakukan elektabilitas Ganjar merupakan yang tertinggi, namun, yang bisa menjadi capres dari PDIP merupakan yang ditugaskan oleh Ketua Umum PDIP.

"Menuju 2024 masih cukup jauh, apapun bisa terjadi. Saya kira Keutua Umum partai manapun pasti realistis memilih yang potensi menangnya tinggi," nilainya.

Sedangkan Erick Thohir merupakan profesional muda yang kini menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Selain membenahi BUMN, Erick juga ikut menangani pandemi Covid-19 dan dekat dengan Presiden Jokowi. Kedekatan dengan Presiden Jokowi dan sering muncul di masa pandemi menjadi modal utama bagi Erick untuk maju Pilpres 2024.

Sebelumnya, Erick berhasil dalam berbagai event internasional serta sukses dalam bisnisnya di berbagai bidang. "Potensi Erick yang lengkap ini sudah dilirik terang-terangan oleh PPP dan PAN," ujar Cecep.

Cecep menerangkan, seluruh partai tengah melihat preferensi masyarakat dan elektabilitas terhadap capres maupun cawapres. Partai yang tidak memiliki calon sendiri pasti akan mencari capres lain untuk dapat memenangkan pilpres sekaligus pileg 2024 mendatang.

Diingatkannya, Pilpres dan Pileg 2024 tak akan linear. Bisa jadi masyarakat memilih partai tertentu. Namun, tak akan memilih capres dari partai tersebut. Artinya, meski mesin partai bekerja, tetapi kapabilitas dan kapasitas individu capres juga memegang peran yang penting untuk memenangkan Pilpres dan Pileg 2024.

Sebelumnya, Lembaga Survei Charta Politika dalam survei teranyarnya menyimulasikan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir bisa menjadi pasangan capres dan cawapres yang ideal. Pasangan Ganjar-Erick memegang angka presentase 33,9 persen, jauh di atas Prabowo Subianto dan Puan Maharani yang hanya 20,3 persen.(*/sj)



Sumber : Rakyat Merdeka