PPKM Level I, Walikota : Tetap Patuh dengan Protokol Kesehatan

SWARAJAMBI.ID, JAMBI –  Wali Kota Jambi, Syarif Fasha meminta masyarakat Kota Jambi agar tidak bersikap euforia dengan kondisi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang turun ke level I. Terlebih beberapa hari kedepan akan ada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). 

Walikota berharap momen itu digunakan sebaik mungkin dan hindari  kegiatan-kegiatan yang dapat menimbulkan kasus baru Covid-19. 

“Intinya jangan euforia. Meski nanti ada pembatalan PPKM level III, tetap kami menginstruksikan seluruh ASN tidak melakukan liburan Nataru,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jambi, Maulana mengatakan, saat ini sudah jelas edaran yang keluar, pada Nataru mendatang tidak ada cuti dan tidak boleh ada perjalanan keluar daerah.

“Jika ada yang cuti, kita batalkan. Kecuali alasan yang genting, seperti ada keluarga yang meninggal,” tegas Maulana, baru-baru ini.

Kata dia, prinsipnya pihaknya mengikuti aturan yang dikeluarkan oelh pemerintah pusat. Dengan melaksanakan PPKM level III, bukan berarti levelnya yang naik. Namun aturan main yang diterapkan setara dengan PPKM level III.

“Ini untuk kewaspadaan. Kumpul-kumpul itu akan kita ketatkan, kegiatan makan-makan tahun baru, pesta itu tidak boleh,” tegas lagi.

Diberitakan sebelumnya,  ASN dilarang mengambil cuti saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hal itu sejalan dengan aturan dari pemerintah pusat yang memberlakukan semua daerah di Indonesia berada di Level III dalam penanganan Covid-19. 

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha mengatakan bahwa kebijakan itu diambil agar tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Kota Jambi. Sebab, saat ini angka kasus Covid-19 di Kota Jambi sudah sangat melandai.(*/sj)