Gelandang Timnas Saddil Ramdani Pindah Kewarganegaraan Malaysia, Begini Fakta Sebenarnya

Sadil Ramdani

SWARAJAMBI.ID -- Kabar mengejutkan datang dari Malaysia. Gelandang Timnas Indonesia Sadil Ramdani kabarnya pindah menjadi warga negara Malaysia.

Kabar kepindahan Sadil Ramdani tersebut dihembuskan oleh beberapa kanal Youtube seperti GARUDA SPACE, GITASEL SPORT, dan, BOLA DAILY. Benarkah?

Inilah penelusuran fakta dinukil dari Ringtimes terkait kabar yang beredar yang menyebutkan gelandang Timnas Indonesia Sadil Ramdani pindah menjadi warga negara Malaysia.

Disebutkan bahwa pihak Malaysia didesak warganya untuk menaturalisasi Sadil Ramdani agar bisa menjadi warga negara mereka.

Desakan ini disebabkan oleh performa apik yang selalu ditampilkan klubnya yakni Sabah FC. Sejauh ini Saddil hingga kini telah tampil sebanyak 11 kali dengan mengemas 3 gol dan 3 assist di Liga Super Malaysia.

Penampilan menawan Saddil bukan hanya membuat banyak warga Malaysia kepincut ingin menaturalisasi pemain kelahiran 2 Januari 1999 ini, namun juga membuat klubnya menawarkan perpanjangan kontrak.

Saddil mendapatkan tawaran perpanjangan kontrak dari klubnya Sabah FC di tengah adanya minat dari salah satu klub elit di Serbia.

Awal rumor terkait pindah kewarganegaraan Saddil ke Malaysia, bermula dari kolom komentar unggahan akun Instagram Harimaumalayatv.my pada Agustus 2021 silam. Unggahan tersebut menampilkan Saddil Ramdani sedang menyanyikan lagu kebangsaan Malaysia jelang pertandingan Johor Darul Takzim vs Sabah FC.

Saat itu, pemain bertinggi 1,72 meter itu kedapatan menyanyikan lagu kebangsaan Malaysia dengan hikmat.

Dari situ, muncul banyak spekulasi kepindahan Saddil menjadi warga negara Malaysia. Masyarakat negeri Jiran pun sepertinya sangat senang dengan isu kepindahan Saddil ini.

Namun, sayangnya, informasi ini tidaklah benar. Saddil masih merupakan WNI yang cinta Indonesia.

Alasan mantan pemain Bhayangkara FC ini menyanyikan lagu nasional Malaysia hanya karena ia respect pada negara jiran itu. Tidak lebih dan tidak kurang.

Selain itu, berdasarkan peraturan FIFA, pemain sepakbola yang pernah membela timnas senior sebuah negara, maka ia tidak bisa dinaturalisasi oleh negara lain.

Jikapun saddil dijadikan warga negara Malaysia, ia tidak akan bisa membela Harimau Malaya di semua ajang sepakbola, sebab ia telah pernah membela timnas senior Indonesia.

Demikianlah fakta sebenarnya mengenai rumor kepindahan Saddil Ramdani menjadi warga negara Malaysia.

Isu tersebut tidaklah benar karena tidak berdasarkan fakta. Saddil hingga kini masih merupakan warga Indonesia yang siap tampil membela panji merah putih di setiap ajang yang dibutuhkan.

Semoga informasi ini bisa menjawab keresahan masyarakat terkait berita Saddil Ramdani pindah warga negara negeri jiran tersebut.(*/sj)