Hujan Sejak Pagi, Ruas Jalan di Kota Jambi Digenangi Air


 SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Tahun 2020 ini setidaknya masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Dinas PUPR Kota Jambi. Bagaimana tidak, awal tahun 2022 ini ada beberapa titik wilayah yang mengalami banjir.

Meski tak separah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, namun ini perlu diperhatikan serius. Tak lain, penyebab banjir ini juga masih masalah lama. Aliran drainase di beberapa titik yang kecil biang penyebab banjir. Sebab tak bisa menampung curah air hujan yang lebat dan lama.

Seperti di aliran Sungai Kenaliasam. Hujan yang turun sejak Jumat (7/1/2022) dini hari hingga pagi hari, membuat air membludak dan membanjiri beberapa titik. Salah satunya ruas Jalan Lirik, mengarah ke Pertaminan Kenaliasam Bawah, Kecamatan Kotabaru.

Bahkan akibatnya kemacetan terjadi. Sejumlah pengendara yang tak sabaran pun terus membunyikan klakson mereka, agar kendaran yang di depan segera melaju.

“Di sini sudah langganan. Itu alirannya kecil, jadi airnya meluap,” kata Sodikin, warga sekitar yang juga kerap melalui jalan tersebut.

Tak hanya di sana, tepat di samping Kantor BPK RI Jambi, tepatnya di Jalan Gado-Gado, Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Kotabaru, juga mengalami banjir. Meski telah ada upaya perbaikan dan perluasan jembatan di sana, air tetap meluap di badan jalan.

Bahkan, warga sekitar ada yang memanfaatkan momen banjir tersebut untuk mencuci motor. Kabid Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kota Jambi, Yunius tak menampik, luapan air tersebut dikarenakan kondisi drainase yang sempit.

“Selain itu kondisi box yang juga kecil. Ini masih menjadi PR kita tentunya,” kata dia.

Khusus di Jalan Lirik, Yunius mengatakan, akan kembali dilakukan perbaikan terhadap jalan cor yang dibangun pertamina tersebut. Pasalnya, di sana masih banyak pipa-pipa Pertamina yang menghambat laju air. 

“Sama, beberapa titik lain di Kenaliasam ini, selain dikarenakan kondisi drainase yang kecil dan menyempit, juga masih ada pipa-pipa pertamina yang menghalangi arus air. Tahun ini akan ada pengerjaan di beberapa titik, termasuk koordinasi dengan Bina Marga untuk pengerjaan dan perbaikan jalan di Jalan Lirik,” tukasnya.(*/sj)