Ini Yang Diserahkan Bupati Mashuri ke Kelompok Tani Sido Maju

Bupati Mashuri Serahkan Bantuan Ke Koptan Sido Maju

SWARAJAMBI.ID, MERANGIN -- Bupati Merangin H Mashuri bersama pengurus Baznas Merangin berkunjung ke Desa Simpang Limbur Merangin Kecamatan Pamenang Barat, Selasa (4/1/2021). Disini bupati menyerahkan bantuan dari Baznas Merangin untuk Kelompok Tani Sido Maju berupa bibit sapi. Yang merupakan program perdana Baznas Merangin dalam bentuk modal kerja.

Bibit sapi unggul  tersebut diterima langsung oleh  ketua Kelompok Tani Sido Maju,  Sugiman.

Bupati Mashuri berharap, bantuan yang diserahkannya itu bisa berkembang dengan baik. Kemudian diurus dengan memberian makan yang cukup dan perawatan yang maksimal.

‘’Jadi sapi yang kita serahkan kepada kelompok tani ini dengan sistem gaduh atau perjanjian. Jika sudah berkembang nanti, bisa ditularkan kepada kelompok tani lainnya,’’ujar bupati.

Tidak hanya sapi yang dikembangkan pinta bupati, tapi juga pemanfaatan kotoran sapi untuk pupuk organik dan air kencingnya. Semua bila dikelola dengan baik akan memberikan manfaat.

Tampak hadir pada acara penyerahan bibit sapi itu, Asisten I Setda Merangin H Abd Gani, Ketua Baznas Merangin  Syafrudin Hadi dan sejumlah pengurus serta sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Merangin.

Terpisah, Syafrudin Hadi mengatakan pemberian sapi tersebut merupakan program perdana Baznas Merangin, dalam bentuk modal kerja yatu investasi zakat. Program ini untuk membantu pengentasan kemiskinan masyarakat.

‘’Sapi-sapi ini rata-rata harganya Rp 12 juta perekor. Program pengembangan sapi ini ada yang pengembangan, ada juga yang penggemukan. Program yang dibagi ini adalah anaknya, sedangkan induknya tetap dengan sisten 40-60,’’ujar Syafrudin Hadi.(*/sj)