Thailand Masih Kuat, Indonesia Gagal Juara Piala AFF 2020

Timnas Indonesia Melawan Thailand Final AAF 2020.

SWARAJAMBI.ID -- Timnas Indonesia telah berupaya untuk memenangi leg kedua final Piala AFF 2020. Namun Thailand yang menjadi lawan skuad Garuda ini lebih kuat. Yang akhirnya untuk keenam kalinya, skuad Garuda harus puas menjadi runner up turnamen dua tahunan ini.

Pada final keenamnya ini, Indonesia menyerah dengan agregat 2-6 setelah imbang 2-2 di leg kedua final Piala AFF 2020 yang digelar di National Stadium Singapura, Sabtu (1/1/2022).

Upaya Indonesia Indonesia untuk mengejar defisit empat gol di leg pertama terlihat jelas. Langsung tancap gas sejak menit pertama. 

Upaya tersebut hampir berbuah hasil. Indonesia seharusnya mendapatkan penalti di menit kedua. Namun, wasit tak melihat dorongan kepada Witan Sulaeman sebagai pelanggaran.

Baru pada menit ketujuh skuad Garuda bersorak. Umpan Witan Sulaeman disambut oleh Ricky Kambuaya yang melepaskan tembakan mendatar dari luar kotak penalti.

Bola sempat ditepis oleh Siwarak Tedsungnoen. Namun, bola melintir dan masuk ke gawang Thailand.

Indonesia tanpa henti berupaya menggempur pertahanan Thailand di sisa babak pertama. Tapi, tak ada gol tambahan yang muncul sehingga skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Thailand memberikan respons cepat di babak kedua. Kelengahan tim Merah Putih di menit 54 harus dibayar mahal.

Pasalnya, situasi tersebut berhasil dimaksimalkan Adisak Kraisorn untuk menyamakan kedudukan. Dua menit kemudian, gempuran tanpa henti yang dilakukan Thailand kembali membobol gawang Indonesia. Giliran Sarach Yooyen yang membawa tim Gajah Perang membalikkan keadaan.

Situasi ini semakin membuat pasukan Shin Tae-yong terjepit. Tim Gajah Perang pun semakin meningkatkan intensitas serangan dan beberapa kali mendapatkan peluang untuk menambah keunggulan.

Indonesia akhirnya kembali membuka asa lewat gol Egy Maulana Vikri di menit 80. Dia menusuk dari sisi kiri penyerangan dan langsung melepaskan tembakan keras ke pojok gawang yang tak mampu dijangkau Siwarak.

Tak ada gol tambahan tercipta di sisa pertandingan. Pertandingan berakhir dengan skor 2-2 yang sekaligus menjadikan agregat 6-2 untuk keunggulan tim Gajah Perang.

Ini jadi keenam kalinya Thailand keluar sebagai juara Piala AFF. Sekaligus menegaskan statusnya sebagai tim terbanyak yang menjuarai turnamen dua tahunan ini.(*/sj)