Walikota Fasha Putuskan Vaksinasi Booster untuk ASN dan Non ASN

Vaksin Moderna yang Akan Memasuki Masa Kadaluarsa.

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Wali Kota Jambi, Syarif Fasha tidak ingin vaksin moderna terbuang percuma alias kadaluarsa. Karena itu, ia menginstruksikan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk memberikan vaksinasi dosis ketiga atau booster vaksin kepada Aparatur Sipin Negara (ASN) maupun non-ASN di lingkungan Pemerintah Kota Jambi sebelum masuk masa kadaluarsa vaksin moderna.

“Ada yang akan habis pertengahan Januari ini. Saya instruksikan Dinkes, apabila yang tersisa ini (segera expired,red) bisa digunakan, maka gunakan untuk booster ASN dan non ASN,” sebut Fasha.

Di samping itu, Syarif Fasha meminta Dinkes Kota Jambi dapat memperhatikan, informasi mengenai vaksin yang kadaluarsa, agar vaksin yang masih ada tidak perlu lagi menunggu sasaran vaksin. 

"Kalau bisa, vaksin yang tersisa sebagai booster. Arahkan ke ASN dan non ASN di lingkungan Pemkot Jambi, termasuk ketua RT agar divaksin ketiga," pintanya. 

"Dengan demikian tidak ada yang terbuang percuma," imbuhnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jambi, Ida Yuliati merespon instruksi tersebut. Ia mengatakan, 

 2.000 dosis vaksin yang akan masuk masa expired itu bisa digunakan ke ASN.

“Dari pada kedaluwarsa, maka perintah pak wali diberikan ke ASN. Nanti akan kita hitung lagi jumlah vaksinnya. Kalau lebih, akan diberikan ke pejabat lainnya,” terangnya.

"Sesuai instruksi, kepala OPD, pejabat eselon III, lurah, camat dan ketua RT akan menerima vaksin booster," katanya.

Disinggung mengenai alasan banyaknya vaksin yang akan masuk masa kedaluawarsa, Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Kota Jambi, dr Rini mengatakan, vaksin yang masuk ke Kota Jambi berlebih.

“Kita kan vaksin dosis pertama itu sudah 100 persen. Namun vaksin yang datang ke Jambi lebih banyak, sehingga ada sisa,” ujarnya.(*/sj)