Waspada Sampo Palsu, Gunakan Bahan Bahaya, Lem hingga Soda Api

Sampo Palsu  Merek Terkenal yang Dirilis Polda Banten.

SWARAJAMBI.ID -- Perlu waspada, bisa jadi sampo terkenal yang Anda pakai saat ini palsu. Bahayanya lagi, komponen dalam sampo palsu itu bisa picu iritasi kulit. Karena mengandung soda api, alkohol 96 persen, lem, pewarna makanan dan bahan pengawet.

Hal itu diungkap Ditreskrimsus Polda Banten yang berhasil menggerebek pabrik pemalsu sampo di Kecamatan Paku Haji, Tangerang, Banten, yang memalsukan sampo  menggunakan merek terkenal. Pabrik pemalsu sampo  itu mampu meraup omzet hingga Rp 200 juta per bulan.

Setelah melakukan penggerebekan, polisi mengamankan sejumlah barang bukti dan tersangka berinisial HL (28).

Selain sampo, pabrik itu disinyalir menyampur bahan berbahaya ke dalam gel rambut.

“Selain menyita jutaan sachet shampo dan gel rambut palsu, penyidik juga menyita bahan baku seperti soda api, alkohol 96 persen, lem, pewarna makanan dan bahan pengawet,” kata Kasubdit Indag Ditreskrimsus Polda Banten Kompol Condro Sasongko, dalam konferensi pers, dikutip dari Tribrata News, Senin ( 3/1/ 2022).

Campuran bahan itu digunakan untuk membuat sampo dan gel rambut palsu yang diedarkan dengan merek terkenal seperti Gatsby, Sunsilk, Dove, Clear, dan Head & Shoulders.

Demi menyerupai sampo merek terkenal, HL diduga mengimport rol cetakan sachet dari China. Hingga secara kasat mata, shampo palsu  buatan pabrik milik HL sulit untuk dibedakan dengan sampo asli.

Kendati sulit, ada beberapa perbedaan yang bisa dijadikan tolok ukur mengetahui mana sampo yang asli dan palsu.

Rekatan antar sachet sampo  palsu  akan lebih renggang, warna sampo  juga lebih cerah, kadar kekentalannya lebih cair, dan miliki wangi lebih menyengat, serta picu iritasi kulit bila digunakan beberapa kali.(*/sj)