185 PNS Diambil Sumpah, Walikota Fasha : Agar lebih Tanggungjawab Dengan Tugasnya

SWARAJAMBI.ID, JAMBI –Wali Kota Jambi, Syarif Fasha didampingi Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDMD), mengambil sumpah dan mengukuhkan 185 Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemkot Jambi, di lapangan Tenis Dinas Pendidikan, Senin (14/2/2022).

Pengambilan sumpah ini berlangsung khidmat. Di awali dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dan kemudian dilakukan pembacaan sumpah janji PNS di bawah panduan Wali Kota.

Selanjutnya, setelah penandatangan surat keputusan, dilakukan pengukuhan, dan penyerahan surat keputusan secara simbolis kepada beberapa PNS yang telah diambil sumpah janjinya.

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha mengatakan, Pengawai Negeri Sipil (PNS) merupakan aparatur negara memiliki arti yang sangat strategis dan mempunyai peranan menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Wali Kota juga mengingatkan, hakikatnya sumpah dan janji yang dilakukan para PNS  ini bukan saja merupakan kesanggupan terhadap atas yang berwenang, tetapi kesanggung terhadap Tuhan Yang Maha Esa, bahwa yang bersumpah dan berjanji akan menaati segala keharusan dan tidak melakukan larangan yang telah ditentukan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Sumpah dan janji yang saudara ucapkan tadi (kemarin,red) tidak hanya sebatas di lisan saja, tapi diresapi dan dihayati dalam hati kemudian diterapkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai PNS di lingkungan Pemkot Jambi,” ujar Fasha.

Dia merincikan dari 185 PNS yang diambil/janji itu, 137 di antaranya merupakan PNS baru. Sementara 48 sisanya merupakan PNS lama.

"Itu berkaitan dengan nantinya jika akan mendekati pensiun, salah satu syaratnya harus ada lembar berita acara pengambilan sumpah/janji PNS. Apabila tidak dilakukan, itu tidak bisa diproses oleh BKN," katanya.

Sementara Kepala BPKSDM Kota Jambi, Liana Andriani mengatakan, dengan diambilnya sumpah ini diharapkan, CPNS menjadi PNS dapat lebih bertanggungjawab dengan tugas dan tupoksinya. 

"Semoga dapat bertanggungjawab moral dengan jabatannya, " kata dia.(*/sj)