Bantuan DAK Jalan Menurun Drastis

SWARAJAMBI.ID, JAMBI - Tahun ini jumlah bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK)  yang diterima Pemkot Jambi turun drastis. Salah satu alokasi yang mengalami penurunan adalah Jalan Status Kota. 

Kepala Dinas PUPR, Kota Jambi, Masrizal mengatakan, tahun ini Pemkot Jambi hanya dapat Rp 6 miliar dana DAK yang dialokasikan untuk Jalan Status Kota.

"Mungkin pusat melihat jalan status kota kita sudah banyak yang kondisi baik, mungkin itu alasannya kita hanya dapat Rp6 miliar tahun ini," kata Masrizal, Selasa (1/2/2022).

Dia menambahkan, saat ini pihaknya tengah menyusun Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA), untuk selanjutnya akan dilaksanakan lelang.

"Pada dasarnya usulan kita cukup banyak, tapi hanya segitu yang disetujui. Itulah yang akan kami laksanakan," katanya.

Berkaca pada 2021 lalu, ada sebanyak 4 ruas jalan yang didanai dari DAK, antara lain Jalan Bensol dengan anggaran Rp 4,3 miliar, Jalan Darma Karya Rp 2,1 miliar, Jalan Amir Hamzah, Rp 1,4 miliar,  dan Jalan Sungai Beluru Rp 1,3 miliar.

"Tahun ini kita sedang susun DPA nya," katanya.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Jambi, Maulana mengatakan, jika tahun 2022 ini nilai DAK untuk Kota Jambi turun menjadi Rp 57 miliar dari sebelumnya Rp 108 miliar.

Dana itu hanya untuk lima OPD yaitu, Dinas Kesehatan, Pendidikan, Perkim, PUPR, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB). 

"Disperindag tidak dapat lagi, lalu DLH, Pertanian. Jadi penurunannya hampir setengah. Kita akan berupaya untuk meningkatkan ini, tapi kemungkinan juga keterbatasan anggaran pada pemerintah pusat," katanya.(*/sj)