Belum Alih Teknologi ATCS, Alasan Dishub Sebut TL Sering Error

Salah Satu TL di Kota Jambi Yang Error.

SWARAJAMBI.ID, JAMBI -- Sejumlah lampu pengaturan lalulintas atau traffic light (TL) di Kota Jambi masih sering error. Adanya TL bermasalah tersebut tentu saja meresahkan pengendara. 

Sebagian pengendara memilih berhenti dan ada juga melaju meskipun dalam kondisi lampu merah.

TL yang kerap mengalami gangguan adalah Simpang IV Bank Indonesia, Simpang 4 Broni, Simpang 4 Asrama Haji, Simpang 3 Pucuk, dan Simpang 3  Kehutanan. 

Saat dikonfirmasi Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jambi, Saleh Ridho mengatakan TL yang kerap error tersebut belum menganut teknologi Area Traffic Control System (ATCS).

"Ada beberapa simpang memang yang belum ATCS, salah satunya di Simpang 4 BI, Simpang STM dan lainnya. Tahun ini khusus yang di simpang 4 BI, itu akan kita upgrade ke ATCS. Karena itu termasuk kawasan yang rawan," kata Saleh.

Dia menyebutkan, khusus untuk di simpang lainnya, pihaknya mengupayakan untuk penggantian mesin.

"Total persimpangan yang sudah ATCS itu ada 29 titik, sampai dengan Mendalo. Itu Kementrian yang bangun, tapi terkoneksi ke Kota Jambi," ujarnya.

Sementara itu, ada 10 simpang yang belum menggunakan sistem ATCS."Ini akan terus kita benahi, tahun ini baru dapat satu titik yaitu Simpang 4 BI, itu akan kita benahi," katanya.

Memang beberapa waktu lalu, kata dia, untuk lampu merah Telanaipura tersebut ada kerusakan kabel di bawah tanah. “Itu memang lampu merah lama, umur kabelnya juga sudah tua. Tapi sudah diperabiki” kata Saleh. 

Saleh mengaku, sering dilakukan perbaikan pada lampu merah tersebut, namun setelah dilakukan perbaikan dan terjadi hujan maka lampu merah tersebut kembali konslet.(*/sj)