Bupati Masnah Buka Festival Rebana Tingkat Kabupaten

SWARAJAMBI.ID, MUAROJAMBI -- Bupati Muarojambi Hj Masnah Busro membuka festival rebana Bandan Kontak Majelis Taklim (BKTM) tingkat Kabupaten Muarojambi.

Festival digelar menyambut Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW ini berlangsung  di ruang Nang Inang (Aula) Kantor Bupati Muarojambi, Jum’at (18/2/2022).

Bupati Masnah mengatakan festival rebana ini sebagai salah satu bentuk syiar agama. Kegiatan ini juga diharapkan menjadi sarana menciptakan seniwati muslim yang handal.

Masnah juga berharap, kegiatan ini juga dapat menjadi media dakwah agama yang positif, termasuk dapat memacu pembangunan mental spiritual bagi masyarakat.

"Hampir dua tahun sudah tidak ada pertemuan acara BKMT seperti ini. Hal ini juga dilakukan guna menghidupkan kembali budaya yang ada di Muarojambi, dimana biasanya setiap momen istimewa dimunculkan di desa-desa yang ada di Kabupaten Muarojambi," kata bupati.

"Saya berharap BKMT terus maju dan setiap tahun dapat dilaksanakan. Saya ucapkan selamat berlomba kepada seluruh peserta peserta lomba," kata Pembina BKMT Muarojambi ini.

Usai meresmikan pembukaan, Bupati Masnah langsung menyaksikan penampilan rebana peserta pertama. Selain rebana, juga ada hafalan Al-Quran, Qasidah, Tengkuluk, dan Fashion Show.

Hadir dalam kegiatan ini Sekda Muaro Jambi Budi Hartono, Ketua Baznas Muarojambi Kasmadi, Ketua BKMT  Muarojambi, dewan juri serta seluruh peserta lomba antar Kecamatan se Kabupaten Muarojambi.

Ketua BKMT Muarojambi Nurhayati Tahir mengatakan kegiatan ini bertujuan menjalin silaturahmi antar warga dan masyarakat Kabupaten Muarojambi. "Guna menghidupkan kembali nilai-nilai budaya yang sempat tertunda karena pandemi Covid-19," ujarnya.(*/sj)