FEB Unja Raih ISO 21001:2018

SWARAJAMBI.ID, JAMBI - Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jambi (Unja) meraih sertifikat ISO 21001:2018. Sertifikat ini menjadi pembuktian bahwa sistem penjaminan mutu FEB berjalan dengan baik sesuai kebutuhan pasar dan pelanggan serta bisa menghasilkan lulusan yang mampu diserap di pasar kerja.

Dekan FEB Junaidi mengatakan, ada 4 Prodi yang berhasil meraih ISO 21001:2018 .

“Dari FEB sudah ada 4 prodi yang terakreditasi ISO yaitu prodi S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Ekonomi Manajemen, S1 Ekonomi Akuntansi, dan S1 Ekonomi Islam yang kita terima pada tanggal 10 Februari 2022. Namun FEB juga sedang mempersiapkan untuk program D3, D4, S2, dan S3," ujar Junaidi.

SNI ISO 21001:2018 merupakan alat manajemen umum dan menantang semua organisasi pendidikan untuk menerapkan pendekatan kualitas yang sistematis melalui konsep, struktur dan manajemen mutu. 

Dalam proses pencapaian ISO ini ada tiga lembaga yang menilai, satu di antaranya adalah KAN (Komite Akreditasi Nasional) yang merupakan perpanjang tangan dari Lembaga Akreditasi Nasional. 

Keuntungannya yang pertama, adanya pengakuan dalam lembaga internasioal terkait pelayanan yang ada di FEB sudah memenuhi standar khusus di empat prodi. Kedua, ISO ini menghasilkan beberapa produk SOP. Dengan mengikuti aturan-aturan maka organisasi akan berjalan efektif dan efisien. ISO sejalan dengan akreditasi dan sudah membantu meningkatakan akreditasi dari BAN PT nasional dan internasional. 

 “Harapannya sertifikasi memiliki beragam manfaat, salah satunya pengakuan apa saja yang dikerjakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dari sisi administrasi manajemen sudah memenuhi standar internasional. ISO ini tidak hanya sekedar sertifikasi saja, tetapi bagaimana ISO ini terimplementasi dan terjaga terus," tandasnya.(*/sj)