Maulana Sebut Butuh 30 Pejabat Baru Untuk Kelurahan Pemekaran

Wawako Jambi Maulana.

SWARAJAMBI.ID, JAMBI -- Wakil Wali Kota Jambi, Maulana mengungkapkan progres pemekaran kelurahan baru pada tahap mempersiapkan pejabat kelurahan. Sementara mengenai batas-batas untuk kelurahan baru sudah tidak ada permasalahan lagi. Karena semuanya sudah rampung.

“Batas-batas sudah ditentukan. Kini tengah menyiapkan pejabatnya,” kata Maulana,  usai resmikan galeri UMKM Anyar di Kelurahan Talangbanjar, Rabu (16/2/2022).

"Ada beberapa pejabat baru yang memang dibutuhkan. Mulai dari lurah, sekretaris lurah hingga kasi-kasi di kelurahan," katanya lagi.

Untuk daya dukung penjabat kelurahan baru, Maulana menyebutkan, kebutuhannya ada 30 orang pejabat.

“30 pejabat baru nanti akan dilantik bersamaan dengan pengisian jabatan kelurahan lain yang kosong,” ujarnya.

Maulana menjelaskan masing-masing kelurahan baru akan ada 5 pejabat, yakni posisi lurah, sekretaris lurah, serta ada 3 kasi di kelurahan.

“Ada 6 kelurahan baru. Berarti ada 30 pejabat yang harus disiapkan. Itu dari sisi SDM nya,” ungkap Maulana.

Sementara dari segi infrasrtruktur seperti perkantoran dan lainnya sebut Maulana, kini masih berjalan.

“Ada banyak cara untuk kantor lurah baru. Sementara waktu mungkin sewa dulu ditmpat yang layak, sambil menyiapkan lahan untuk dilakukan pembangunan kantor lurah baru,” jelasnya.

“Tahun ini sudah mulai berjalan. Dilapangan sudah tidak ada masalah lagi, semua sudah diselesaikan,” katanya.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian dan Sumberdaya Manusia Daerah (BKPSDMD) Liana Andriani mengaku, pihaknya memang kini lagi mempersiapkan pejabat untuk mengisi kelurahan baru. “Dalam waktu dekat sudah masuk,” katanya.

Seperti di antaranya pemekaran kelurahan yang merupakan penggabungan dari sebagaian wilayah Kelurahan Kenalibesar, Kecamatan Alambarajo dan Penyengatrendah, Kecamatan Telanaipura. Kelurahan ini dinamai Kelurahan Kenalikecil.

Titik kelurahan rencananya nanti di sekitar perumnas yang berada di Penyengatrendah, sampai ke wilayah sekitar RSJ. Namun, belum dapat ditentukan apakah nantinya kelurahannya masuk ke Alambarajo atau Telanaipura.

Kemudian penggabungan dari wilayah Kelurahan Kenalibesar dan Kelurahan Baganpete, Kecamatan Alambarajo, dinamakan Kelurahan Simpangrimbo. Rentang kawasan kelurahan baru ini nantinya, di mulai dari SPBU Simpang Rimbo, SMAN 11 Kota Jambi, dan Perumahan Garuda.

Kemudian kelurahan baru selanjutnya adalah Pinang Merah. Yang merupakan pemekaran bagian wilayah Kelurahan Baganpete. Ini kawasannya sesudah Kampung Raja masuk ke dalam, hingga kawasan hutan holtikultura dan sekitarnya.

Lalu, pemekaran kelurahan  wilayah Kelurahan Baganpete, Kelurahan Mayangmangurai, dan Kelurahan Kenaliasam Bawah, menjadi Kelurahan Talanggulo. Titik kelurahannya sekitar kawasan Jalan KH Ismail Malik, sampai ke Talang Gulo. Termasuk Hutan Pinus masuk dalam kelurahan baru ini.

Pemekaran kelurahan selanjutnya bagian wilayah Kelurahan Kenaliasam Bawah, menjadi Kelurahan Kenaliasam. Adapun titiknya yakni, sekitar kawasan Hotel Royan Garden, Jalan Surya Darma, SMPN 18 hingga kawasan Taman Hutan Kota M Sabki.

Kelurahan berikutnya penggabungan sebagian wilayah Kelurahan Ekajaya dan Kelurahan Talangbakung, menjadi Kelurahan Bakungjaya. Ini kawasannya mulai dari jalan lintas sesudah bandara baru, hingga ke arah panti asuhan yang mengarah ke arah Tangkit.

Selain itu juga akan ada perluasan kawasan di Kecamatan Pasar. Di mana, jumlah kelurahan yang ada di Kecamatan Pasar akan ditambah, yakni Kelurahan Cempakaputih dari Kecamatan Jelutung.(*/sj)