Sejak 10 Januari 2022, Sebanyak 398 Jemaah Asal Jambi Berangkat Umrah


 SWARAJAMBI.ID, JAMBI --  Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jambi melaporkan, sejak 10 Januari 2022 realisasi keberangkatan jemaah umrah asal Jambi ke Arab Saudi mencapai 398 orang.

Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, Abdullah Saman mengatakan para jemaah yang berangkat itu melalui Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU)  PT Ameera Mekkah sebanyak 141 jemaah, PT Nur Ramadhan sebanyak 36 jemaah, PT Alfa Kaza Mustika Bungo sebanyak 26 jemaah, PT Samira Ali Wisata sebanyak 118 jemaah, dan PT Choirul Umam Addauli sebanyak 77 jemaah.

"Berdasarkan data yang masuk, totalnya ada 635 orang yang akan berangkat tahun 2022 ini," ujar Abdullah Saman, Kamis (17/2/2022).

Dari 398 orang yang telah diberangkatkan itu  sebanyak 80 jemaah sudah  kembali ke Jambi.

Kepulangan mereka dari Arab Saudi itu terbagi dalam dua kloter. Yaitu kloter pertama sebanyak 54 orang dan kloter kedua ada 26 jemaah.

"Semuanya sudah sampai Jambi dalam keadaan sehat walafiat," katanya. 

Pria yang juga menjabat Plt Kakan Kemenag Kota Jambi itu menjelaskan, jemaah yang berangkat  telah melalui mekanisme pemberangkatan yang ditetapkan oleh kemenag. Yaitu jemaah harus melakukan tes PCR Covid-19 sebelum diberangkatkan ke Jakarta. Bila hasilnya negatif baru berangkat menuju Asrama Haji Pondok Gede Jakarta.

"Di situ nanti di cek PCR lagi, kalau negatif baru akan diberangkatkan menuju Arab Saudi," jelasnya.

Sementara untuk pelaksanaan ibadah Haji, hingga saat ini belum ada petunjuk dari pusat. Sesuai dengan arahan Menteri Agama, pelaksanaan ibadah haji masih menunggu keputusan dari pemerintah Arab Saudi. 

"Kepastiannya masih menunggu instruksi pusat. Tapi persiapan terus kita matangkan, jadi sewaktu-waktu dibuka kita sudah siap," katanya.(*/sj)