Temuan Mengejutkan Ditreskrimsus Polda Jambi Saat Sidak Ke Gudang Alfamart, Migornya Dibiarkan Kosong

Ditreskrimsus Polda Jambi Sidak Ke Gudang Alfamart

SWARAJAMBI.ID, JAMBI -- Tim Ditreskrimsus Polda Jambi menemukan kekosongan stok minyak goreng (migor) di gudang Alfamart saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke gudang tersebut di kawasan Jalan Lintas Jambi-Palembang, KM 13, Kabupaten Muarojambi, Minggu (20/2/2022) siang. Sidak tersebut dilakukan untuk menyikapi kelangkaan dan penimbunan minyak goreng di Provinsi Jambi.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Jambi, Kombes Pol Christian Tory sempat geram ke pihak Alfamart. Lantaran Alfamart lebih mengutakaman minyak goreng yang dipasok dari wilayah Palembang, Medan, dan Jakarta.

Padahal, kata Christian, di Jambi sendiri sudah ada pabrik yang mengolah minyak goreng. Yang jika dihitung, cukup untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng di Provinsi Jambi.

Sikap dari pihak Alfamart sendiri, menurut Christian berdampak pada kosongnya stok minyak di sejumlah toko ritel Alfamart karena hanya mengandalkan minyak dari luar.

Christian langsung berkonsultasi dengan produsen minyak lokal di Talang Duku. 

"Jadi kita mendapat informasi bahwa di salah satu ritel ada kelangkaan minyak goreng, kemudian kita telusuri ternyata, gudangnya ada di Alfamart," ujarnya. 

"Saat kita periksa gudang Alfamart minyak goreng kosong. Kita langsung panggil penanggung jawabnya. Mengapa  tidak ambil produksi lokal," imbuhnya.

Christian mengatakan, dari pengakuan penanggung jawab Alfamart, kelangkaan minyak goreng kosong sejak tanggal 15 Februari dan pihak Alfamart mengaku tanggal 21 Februari 2022 minyak goreng baru masuk.

"Jambi ini kan punya pabrik minyak goreng, jadi demi mengisi kekosongan ini, minyak lokal bisa mensuplai ke Alfamart dan pihak penanggungjawab Alfamart setuju 2 ribu karton minyak untuk di suplai dan mudah- mudahan kelangkaan minyak di Alfamart bisa diatasi," katanya lagi.

Terpisah, Warehouse  Manager  Alfamart, Budi saat dikonfirmasi mengatakan terakhir kali minyak goreng ada pada tanggal 15. Alasannya, distribusi dari distributor tidak ada. Pihaknya  biasa  mengambil minyak goreng dari Medan dan Palembang. 

"Kita sudah koordinasi dari Polda Jambi produksi minyak lokal sudah ada sebanyak 2 ribu liter minyak goreng dan nantinya akan disebarkan ke setiap Alfamart," terangnya.(*/sj)