Ketua DPRD Edi Purwanto Hadiri Peresmian Community Center KAT dan Sarana Air Bersih

Edi Purwanto Dampingi Mensos di Batanghari

SWARAJAMBI.ID, MUARABULIAN -- Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto mendampingi Menteri Sosial, Tri Rismaharini pada acara peresmian Community Center KAT dan Sarana Air Bersih, MCK Komunal bagi suku anak dalam di Dusun Sungai Terap Desa Jelutih Kecamatan Bathin XXIV Kabupaten Batanghari, Rabu (16/3/2022).

Acara tersebut juga dihadiri Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani, Bupati Batanghari, M Fadhil Arief, dan sejumlah pihak lainnya. 

Pada kesempatan tersebut, Edi Purwanto mengapresiasi kehadiran dari Tri Rismaharini yang hadir untuk melihat perkembangan Suku Anak Dalam (SAD) di Jambi.

"Karena memang satu tahun lalu Bu Risma datang ke Jambi yang memang sudah datang ke sini untuk melihat apa yang bisa dilakukannya. Cita-cita Bu Risma memang sangat baik, dimana ingin merubah peradaban SAD jadi lebih modern dan lebih di manusiakan," ungkapnya.

Disisi lain, Edi Purwanto juga menyebut bahwa Risma juga mengingingkan anak-anak SAD untuk mendapatkan pendidikan yang sama dengan lainnya. Ini juga kata Edi Purwanto adalah komitmen dari DPRD dan juga Pemerintah Provinsi Jambi, dimana anak SAD ini mendapatkan pendidikan yang layak.

"Kita ketahui bahwa pendidikan adalah hal dasar untuk merubah seseorang menjadi lebih baik. Tentu ini juga komitmen kami yang nantinya juga akan kita dorong pemerintah untuk bisa memberikan pelayanan pendidikan kepada anak-anak SAD ini," ujarnya.

Menteri Sosial, Tri Rismaharini menyatakan, pembangunan community center dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kualitas sumber daya manusia SAD. Dengan fasilitas yang disediakan ini, diharapkan akses mereka terhadap kebutuhan dasar akan semakin luas dan bisa mengejar ketertinggalan.

"Di sini disiapkan ruang belajar, buku-buku, perlengkapan belajar, internet, televisi dan sebagainya. Anak-anak SAD bisa bertambah wawasan dan pengetahuannya. Mereka memiliki kesempatan sama untuk berkembang seperti anak-anak lainnya," kata Mensos dalam sambutannya.

Mensos memastikan akan melanjutkan dan meningkatkan dukungan terhadap SAD. Salah satunya adalah penguatan layanan kesehatan. "Saya mendapat laporan tenaga kesehatan datang dua minggu sekali. Saya bantu dengan kendaraan supaya seminggu sekali bisa kemari," katanya.

Tak lupa Mensos juga menyinggung  perempuan SAD yang karena alasan adat tidak dihadirkan pada acara seremonial. "Kenapa ngga hadir? Ngga boleh ya. Nanti saya akan ajari ibu-ibu menenun dan menjahit," katanya.(*/sj)