KM Sumber Daya Hilang Kontak Di Perairan Pulau Berhala

SWARAJAMBI.ID, JAMBI -- Hingga kini keberadaan Kapal Motor (KM) Sumber Daya bermuatan kelapa rute Nipah Panjang-Batam  masih belum diketahui keberadaannya. Kapal motor tersebut dilaporkan hilang kontak di Perairan Pulau Berhala, Kabupaten Tanjung Jabung Timur pada Kamis (10/3/2022).

Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jambi telah mengerahkan tim rescue bersama TNI AL, Polairud Polda Jambi, persatuan nelayan, dan masyarakat melakukan pencarian kapal motor tersebut.

“Pada tanggal 10 Maret 2022 pukul 09.00 WIB Kapten Kapal menelpon pemilik kapal bahwa telah terjadi badai. Pukul 09.15 WIB, komunikasi handphone tersebut terputus dan hilang kontak sampai saat ini,” kata Kepala Basarnas Jambi, Abdul Malik lewat keterangan tertulisnya, Minggu (13/3/2022).

Abdul Malik mengatakan, Kantor SAR Jambi menerima informasi mengenai kapal motor itu dari pemilik kapal pada Kamis (10/3/2022) Pukul 22.45 WIB.

“Hingga pencarian hari ke-3 ini masih nihil, dan belum ditemukan tanda-tanda keberadaannya,” katanya.

Malik menyebutkan, hingga saat ini Kantor SAR Jambi intens berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk melacak keberadaan kapal.

“Tim sudah melakukan sosialisasi dengan warga di sekitaran Pulau Berhala, dan kita juga sudah komunikasi dan koordinasi dengan Kepala Kantor Basarnas Palembang, Pangkal Pinang, dan Tanjung Pinang,” kata Malik.

Adapun pencarian KM Sumber Daya ini dibagi menjadi 3 tim. Tim 1 KN SAR 414 melakukan Penyisiran di sekitar perairan Pulau Berhala dan LKP dengan luas pencarian 50 NM. Tim 2 perahu nelayan melakukan penyisiran di sekitar LKP. Tim 3 perahu KM Yanti melakukan penyisiran dan mencari Info dari masyarakat di Pulau Berhala.

“Maksimal pencarian sampai 7 hari,”tandasnya.(*/sj)