Tim TPID dan Satgas Pangan Sidak Pasar Sarolangun


 SWARAJAMBI.ID, SAROLANGUN -
- Menjelang masuknya bulan suci  Ramadan 1443 Hijriah, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) bersama tim Satgas Pangan Kabupaten Sarolangun melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Atas Sarolangun, Kamis (31/3/2022) pagi.

Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka menjaga ketersediaan bahan pokok pangan strategis dan mengantisipasi terjadinya lonjakan harga yang tinggi.

Dari pantauan dilapangan, tim tersebut dipimpin langsung Asisten II Setda Saronangun Deshendri, SH bersama jajaran Forkompinda Sarolangun.

Tampak hadir Staf Ahli Bupati Sarolangun Ramawi, Kadis Perindustrian, perdagangan, UMKM dan Koperasi Kabupaten Sarolangun Trianto, .sip, Kasatpol PP Sarolangun Drs Muslihadi, M.Pd, Danramil Sarolangun Mayor Abdul Aziz, Kepala Dinas TPHP Sarolangun Ir Dedi Hendri, Kadis LHD Sarolangun Kurniawan, SE, Kasat Intelkam Polres Sarolangun, Kasat Reskrim Polres Sarolangun AKP Rendie Rienaldy, Sik jajaran OPD terkait dan personil pengamanan dari TNI/Polri dan Satpol PP Sarolangun.

Asisten II Setda Sarolangun Deshendri mengatakan menjelang ibadah puasa ramadhan ini diharapkan harga bahan pokok di pasar tradisional tetap normal dan tidak mengalami kenaikan lonjakan harga. Pihaknya pun turun langsung memantau tersebut dalam rangka memastikan ketersediaan bahan pokok pangan di wilayah Sarolangun.

“Kita turun sidak untuk mengetahui sejauh mana interaksi pasar menjelang ramadhan ini, harga-harga bahan pokok pangan naik atau tidak. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini mendapatkan data yang akurat dan akan dilaporkan ke pemerintah provinsi dan pusat,” tuturnya

Jika ditemukan mengalami kenaikan, lanjutnya tim satgas pangan akan berupaya bagaimana para pedagang agar tidak mematok harga yang tinggi. "Biasanya menjelang ramadan, sejumlah bahan pokok pangan mengalami kenaikan seperti harga daging sapi, daging ayam, dan telor," pungkasnya.(*/sj)