Safari Ramadan di Merangin, Gubernur Minta Masyarakat Jaga Ukhuwah Islamiyah


 SWARAJAMBI.ID, MERANGIN -- Bupati Merangin H Mashuri mendampingi Gubernur Jambi H Al Haris yang melakukan Safari Ramadan 1443 H di Masjid Taqwa Desa Sidolego, Kecamatan Tabir Lintas, Jumat (8/4/2022) malam.

Bupati Mashuri mengungkapkan sudah dua tahun segala aktivitas masyarakat dibatasi dengan mewabahnya Covid-19, termasuk aktivitas beribadah di masjid.  "Alhamdulillah ditahun ketiga ini pembatasan itu mulai kendur, seiring menurunnya angka Covid-19 dan masyarakat sudah divaksin sampai dosis booster," ujar Mashuri.

‘’Mari kita jaga diri kita, kita jaga keluarga kita, kita jaga tetangga kita, kita jaga masyarakat dari Covid-19, sehingga tubuh kita jadi sehat dan kuat, bisa bekerja untuk cepat memulihkan perekonomian masyarakat yang sempat anjlok karena Covid-19,’’ ujarnya lagi.

Selain itu, bupati juga menginformasikan sebentar lagi pada Mei 2022, Kabupaten Merangin akan menggelar hajatan akbar, pemilihan kepala desa serentak (Pilkades). Bupati minta masyarakat bersama-sama menyukseskan Pilkades damai. Jaga betul kondusitivitas daerah, sehingga masyarkat tetap aman dan damai dalam mencari nafkah sehari-hari.

‘’Jadi nanti aka nada sebanyak 176 desa di Kabupaten Merangin yang bakal menggelar Pilkades. Saya minta jangan ada gesekan-gesekan, apalagi keributan yang pada akhirnya akan merusak keamanan dan kenyamanan masyarakat,’’pinta Bupati.

Sementara Gubernur Jambi H Al Haris menambahkan, polemik Pilkades terkadang muncul dan seolah dicari-cari oleh oknum. Makanya kalau tidak ada kesalahan yang prinsip dalam Pilkades Serentak nanti, janganlah diperpanjang atau sampai dilakukan pemilihan suara ulang.

‘’Kalau memang takdinya calon itu menang, tetaplah dia menang, meskipun Pilkades itu sampai di ulang. Ada eforia dan dinamika politik di situ. Saya jadi hakim tunggal dalam memutuskan kasus Pilkades tempo  hari di Merangin dan masalah  yang disoal kadang tidak terlalu prinsip,’’ujar Gubernur.

Dari pada ribut lanjut H Al Haris lebih baik, calon kades yang menang cepat merangkul calon kades dan tim yang kalah, ajak  untuk bersama-sama membangun desa, sehingga tidak ada gesekan yang terjadi. Masyarakat  juga akan tetap aman dan damai.

Pada kesempatan itu, gubernur mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga ukhuwah Islamiyah, karena ukuran sebuah negeri itu bahagia, kalau negeri itu aman dan damai. Masyarakatnya saling mendoakan, jaga kekompakan dan pelihara silaturahmi.

‘’Pemerintah akan aman bekerja kalau masyarakatnya tentram dan damai. Tapi kalau masyarakatnya ribut terus dan tidak ada lagi kedamaian, keamanan maupun kenyamanan, bagaimana negeri ini bisa maju. Bila habis waktu kita  untuk ribut, itu akan sangat merugikan kita dan desa kita sendiri,’’terang Gubernur.

Terkait dengan Covid-19, gubernur menegaskan saat ini memang sudah ada kelonggaran masyarakat dalam beraktivitas. Namun demikian harus tetap waspada, berhati-hati dan masih terapkan betul protokol Kesehatan pencegahan Covid-19 dengan memakai masker.

‘’Covid-19 ini sangat mengganggu kita. Kalau Covid-19 sudah hilang, aman kita semua ini. Kita berdoa saja supaya Covid-19 cepat menghilang. Alhamdulillah di bandara kalau kita ingin terbang, kalau sudah vaksin dosis booster bebas langsung terbang,’’terang Bupati.

Pada penghujung acara Safari Ramadhan 1443 H itu, Gubernur didampingi bupati menyalurkan bantuan pembangunan masjid sebesar Rp 50 juta, paket sembako untuk 100 anak yatim yang diserahkan secara simbolis kepada lima orang anak. (*/sj)