Terima DAK Rp 10,9 Miliar, Ini Yang Akan Dilakukan Disdik Muarojambi di Tahun 2022

Sekretaris Disdik Muarojambi Firdaus

SWARAJAMBI.ID, MUAROJAMBI -- Dinas Pendidikan  dan Kebudayaan (Disdik) Kabupaten Muarojambi pada tahun 2022 ini mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 10,9 miliar dari pemerintah pusat. 

Disdik telah merencanakan DAK tersebut akan digunakan untuk menunjang sarana dan prasarana Pendidikan di Muarojambi. 

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Muarojambi melalui Sekretarisnya Firdaus, Rabu (6/4/2022).

"Sesuai rencana, dana tersebut akan digunakan untuk membangun ruang baru untuk tingkat PAUD sebanyak 8 ruangan yang disebar ke berbagai PAUD dalam wilayah Kabupaten Muaro Jambi. Sebanyak 10 sekolah pada jenjang SD dan SMP ada sebanyak 7 sekolah," terangnya.

Dimasing masing jenjang itu, sambungnya, ada yang mendapat bangunan ruang kelas baru. Ada juga yang mendapat bangunan ruangan perpustakaan, ruangan UKS, dan ruangan Laboratorium.

"Itulah rencana kita yang menggunakan anggaran DAK," ujarnya.

Bagaimana dengan,  Dana yang bersumber dari APBD? Firdaus menyatakan ďana tersebut  juga akan digunakan untuk menunjang sarana dan sarana pendidikan di Muarojambi. Hanya banyak di fokuskan untuk melakukan rehab sedang hingga rehab berat. 

"Kalau DAK tadi, semuanya untuk bangun gedung baru artinya tidak ada kegiatan rehab, tapi kalau APBD lebih banyak rehabnya, mulai dari rehab sedang, ringan hingga rehab berat, seperti salah satu SD yang ada di Kecamatan Kumpeh saat ini masih ada yang terbuat dari papan atau kayu, maka nantinya akan kita rehab total menjadi gedung permanen,” tandasnya.(*/sj)