Bantai Filipina, Selangkah Lagi Garuda Muda Ke Semifinal

SWARAJAMBI.ID -- Kans  Timnas U-23 Indonesia lolos ke babak semifinal SEA Games Vietnam terbuka lebar. Tim Garuda Muda sukses mewujudkan ambisinya menumbangkan  Filipina dengan kemenangan telak 4-0 di Viet Tri Stadium, Phu Tho, Vietnam. Jumat sore.

Empat gol tersebut diciptakan oleh Muhammad Ridwan menit 18, Rizky Ridho menit 46, Egy Maulana Vikri menit 74, dan Marselino Ferdinan pada menit 80.

Hasil itu membuat Indonesia memimpin klasemen sementara Grup A dengan enam poin dari tiga laga. Poin tersebut sama dengan Myanmar, tetapi Indonesia unggul selisih gol. Namun, peringkat Indonesia bisa berubah lantaran Myanmar akan bertanding menghadapi Vietnam.

Di laga tersebut, Indonesia tampil menekan sejak menit-menit awal. Beberapa kali skuad asuhan Shin Tae-yong meraih peluang. Filipina juga tanpa peluang. Beberapa kali merepotkan barisan Timnas Merah Putih.

Gol yang di tunggu-tunggu akhirnya datang juga. Muhammad Ridwan mencatatkan diri di papan skor pada menit ke-18. Gol tersebut tercipta, setelah menerima umpan silang Egy Maulana Vikri. Dia tinggal menyontek bola dan membawa Indonesia unggul 1-0. 

Timnas Indonesia U-23 akhirnya menambah keunggulan jelang babak pertama tuntas. Lewat tandukan Rizky Ridho,  skor berubah 2-0 untuk Indonesia.

Memasuki babak kedua, Indonesia tetap mendominasi jalannya pertandingan. Indonesia  menambah koleksi golnya di menit ke-74. Kali ini giliran Egy Maulana Vikri yang mencatatkan namanya di papan skor.  

Tambahan amunisi ternyata membuahkan hasil setelah Ronaldo di menit ke-80 dijatuhkan lawan di kotak penalti.

Marselino Ferdinan yang maju sebagai algojo tidak mensia-siakan peluang tersebut dan mengunci kemenangan Timnas Indonesia 4-0.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong fokus hadapi Myanmar di laga terakhir fase grup A SEA Games 2021 Vietnam untuk lolos ke semifinal.

Pelatih asal Korea Selatan itu juga berambisi balas dendam melawan Vietnam di perebutan medali emas SEA Games 2021.

Untuk itu, Shin Tae-yong langsung memilih menonton langsung laga melawan Myanmar yang akan menjadi lawannya di partai penentu. “Saya akan nonton langsung Myanmar untuk laga penentuan,” kata Shin Tae-yong usai laga.

Shin Tae-yong juga mengomentari pernyataan Pelatih Filipina Norman Fedigero usai laga yang menyebut, Indonesia dan Vietnam adalah dua tim yang akan lolos ke semi final.

“Saya pikir pelatih Filipina membuat prediksi yang benar. Dan saya berharap pertandingan ulang melawan Filipina di partai final,” kata Shin optimis.(*/sj)