Kalah Telak dari Vietnam, Ini Dalih Shin Tae-yong


 SWARAJAMBI.ID -- Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong tidak bisa menutupi rasa kecewanya usai meraih hasil minor dibantai Vietnam di laga perdana SEA Games 2021. Duel yang digelar di Viet Tri Stadium, Phu Tho, berlangsung berat sebelah. Yang akhirnya Indonesia takluk dengan skor telak 0-3. 

Tiga gol Vietnam diciptakan masing-masing melalui Nguyen Tien Linh (53'), Do Hung Dung (74') dan Le Van Do (87').

Kekalahan tersebut tentu menjadi beban tersendiri bagi Indonesia, terlebih di edisi SEA Games kali ini mereka dapat target menjadi juara.  Usai pertandingan STY buka suara, dia berdalih ada beberapa faktor penyebab kegagalan utama Indonesia. Yang pertama fasilitas lapangan latihan yang buruk yang dialami Indonesia selama di Vietnam.

Shin Tae-yong juga meyakini betul jika gol pertama Timnas Vietnam adalah offside. Tapi sayang wasit tidak memberi keputusan yang tepat. 

"Tapi saya kira gol pertama itu sudah pasti offside. Tapi tidak diputuskan offside oleh wasit," tuturnya.

Shin Tae-yong bahkan menyebut hal ini sebagai keuntungan dari tuan rumah. Tapi sayang bagi anak asuhnya, ketika kebobolan pertama, permainan jadi tidak berjalan baik. "Mungkin memang sebagai tuan rumah dapat keuntungan, tapi dengan satu gol itu, suasana seluruh tim kami langsung berubah. Itu yang sangat disayangkan," imbuhnya. 

Skuad Garuda masih akan menjalani beberapa pertandingan lagi di Grup A SEA Games 2021. Pada 10 Mei 2022, mereka menghadapi Timor Leste.(*/sj)