Resmi Bachyuni Jadi Pj Bupati Muarojambi, Ini Tugas Yang Akan Dilakukan

Pj Bupati Muarojambi Bachyuni Deliansyah

SWARAJAMBI.ID, JAMBI -- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi Bachyuni Deliansyah resmi sebagai Penjabat Bupati Muarojambi. Bachyuni dilantik bersama penjabat Bupati Tebo Asvan (Asisten II Pemprov Jambi) dan penjabat Bupati Sarolangun Hendrizal (Kepala BKD Pemprov Jambi) oleh Gubernur Jambi Al Haris di aula rumah Dinas Gubernur Jambi, Minggu (22/5/2022).

Pelantikan ketiga penjabat bupati turut dihadiri bupati dan wakil bupati yang telah habis masa jabatannya. Yakni Bupati Muarojambi Hj Masnah Busro dan Wakil Bupati Bambang Bayu Suseno, Bupati Tebo Sukandar dan Wakil Bupati Sahlan, serta Bupati dan Wakil Bupati Sarolangun Cek Endra - Hilalatil Badri.

Kepada pewarta, Pj Bupati Muarojambi Bachyuni Deliansyah mengungkapkan tugasnya nanti sesuai dengan arahan gubernur.

"Pertama dan sesuai arahan Gubernur tadi saat pelantikan kami akan berkordinasi dulu dengan pejabat yang lama melihat program apa yang sudah berjalan. Kalau kegiatan baik tentu akan kita teruskan," kata  Pj Bupati Muarojambi.

Langkah kedua, kata Bachyuni, dirinya akan melakukan rapat staf dan mengecek kegiatan apa saja yang menjadi skala prioritas.

"Kedua, kami akan rapat staf, melihat kegiatan skala prioritas. Karena saya juga masih menjabat sebagai kepala BPBD dan Muarojambi merupakan salah satu ladangnya karhutla maka saya akan konsen ke situ dulu," kata Bachyuni.

Terkait program di Muarojambi, Bachyuni menyebut akan mempelajari program-program skala prioritas di Muarojambi saat ini.

"Pertama panggil staf, rapat staf lihat program yang sudah berjalan bulan lima ini apa saja. Kita pelajari, lihat skala prioritas, mana yang dampaknya benar-benar menyentuh ke masyarakat. Tentunya sesuai arahan Gubernur kita harus kerja dengan baik," kata Bachyuni.

Ditanya apakah  akan  melakukan rotasi atau pergantian diperangkat Pemerintahan Kabupaten Muarojambi? Bachyuni menggeleng.

"Oh nggaklah. Enggak. Yang jelas nanti kita petakan Muarojambi, mana prioritas itu yang akan kita kejar," katanya. 

Persoalan penanganan Karhutla di Muarojambi ini juga sesuai arahan dari Gubernur Jambi Al Haris. Itu juga yang menjadi salah satu alasan dipilihnya Bachyuni menjadi Penjabat Bupati Muarojambi. 

Terkait dengan tugas ketiga Pj, Al Haris menekankan agar dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional di daerah, masing masing, pengendalian Covid-19, dan stabilitas Ketahanan Pangan.

Khususnya di Muarojambi, rawan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tentu juga menjadi tugas Pj Bupati Muaro Jambi, jangan sampai menjadi penyumbang kabut asap seperti tahun 2015 lalu.

"Karhutla? Makanya ditunjuk kepala BPBD disitu, biar langsung nyambung, online," katanya.(*/sj)