Besok, Turnamen Catur Cepat 2022 Dibuka Wawako Maulana, Berhadiah Total Rp 25 juta

Wawako Jambi Maulana

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Wakil Walikota (Wawako) Jambi Maulana dijadwalkan akan membuka Open Turnamen Catur Cepat 2022 besok, Selasa (21/6/2022). Turnamen ini akan digelar mulai 21-23 Juni di gedung Asi Ni Roha, Kota Baru. 

Ajang bergengsi yang digelar Persatuan Olahraga Catur seluruh Indonesia (Percasi) Kota Jambi ini diikuti ratusan pecatur junior dan senior.

"Ya, dibuka secara resmi oleh Pak Maulana, Wakil Walikota Jambi. Beliau sudah oke," ujar Ardi Hutabarat, Ketua Percasi Kota Jambi.

Ardi mengungkapkan Turnamen Catur Cepat 2022 ini berhadiah total Rp 25 juta. Turnamen ini merupakan kali pertama digelar dan diupayakan akan menjadi agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh Percasi Kota Jambi.

"Sampai pendaftaran ditutup, yang mendaftar hampir mencapai 400 pecatur. Mereka tidak hanya dari Kota Jambi saja. Namun juga dari kabupaten," katanya.

Ia mengatakan, turnamen ini akan dilaksanakan dengan menggunakan sistem Swiss lima babak untuk junior dan tujuh babak senior. Khusus junior, mulai tingkat SD/MIN, SMP/MTs, hingga SMA/SMK/MAN se Kota Jambi.

"Yang seniornya perorangan, veteran di atas 55 tahun, dan antar klub se Provinsi Jambi," ujar Ardi.

Ia mengatakan, turnamen ini digelar selain untuk pencarian bibit atlet yang akan diorbitkan pada Porprov Jambi tahun 2023 mendatang juga memperingati HUT Kota Jambi ke 76.

"Selain memperebutkan Piala Ketua Percasi Kota Jambi, juga ada piala bergilir Pak Maulana. Kemudian piala bergilir Pak Mahfus yang merupakan motivator catur Kota Jambi," terangnya.

Ardi mengakui, persiapan panitia sudah dilakukan sejak 3 minggu lalu termasuk mempersiapkan tempat untuk turnamen ini.

"Kami dari panitia juga telah mengasuransikan peserta," katanya.

Ardi mengaku bersyukur karena antusias masyarakat untuk mendukung dan membantu turnamen ini cukup tinggi.(*/sj)