Disambut Antusias, Ratusan Orang Sudah Daftar Turnamen Catur Cepat 2022

Ardi Hutabarat

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Minat masyarakat untuk mengikuti Open Tournament Catur Cepat 2022 yang digelar Persatuan Olahraga Catur seluruh Indonesia (Percasi) Kota Jambi cukup tinggi.
Sampai Minggu (19/6/2022) ini sudah 375 orang yang mendaftar sebagai peserta dan siap menjadi yang terbaik dalam kejuaraan yang memperebutkan piala ketua Percasi Kota Jambi ini. 
Jumlah tersebut masih bisa bertambah. Lantaran masa pendaftaran masih buka hingga Senin, 20 Juni 2022. 
"Kita memberikan satu hari lagi, besok pendaftaran terakhir. Yang ingin ikut, segeralah daftar," ujar Ardi Hutabarat selaku Ketua Percasi Kota Jambi.
Ardi menilai banyaknya pendaftar dalam ajang ini membuktikan atlet catur sangat banyak dan animo masyarakat di cabor asah otak ini sangat tinggi.
Potensi tersebut harus mendapatkan atensi lebih besar agar membuahkan atlet yang berkualitas yang bisa membawa nama baik Kota Jambi dan Provinsi Jambi.


"Memang peminat dari olahraga cabor catur ini sangat banyak. Oleh karena itu, pembibitan untuk melakukan rekruitmen dari seleksi awal harus dilakukan lebih dini dan lebih komprehensif," terangnya.
Turnamen Catur Cepat 2022 sendiri berhadiah total senilai Rp 25 juta. Turnamen bergengsi ini mempertandingkan kategori junior dan senior. Khusus junior, mulai tingkat SD/MIN, SMP/MTs, hingga SMA/SMK/MAN se Kota Jambi.
Kemudian kelompok veteran di atas 55 tahun.
"Terakhir kategori antar klub se Provinsi Jambi. Ini sangat menarik, karena diikuti kabupaten/kota," kata wakil ketua tiga KONI Kota Jambi ini.
Turnamen akan dilaksanakan selama tiga hari, 21-23 Juni 2022 di gedung Asi Ni Roha, Kota Baru, Kota Jambi.
"Dimulai pukul 10.00 WIB, untuk junior pelajar SD," ujarnya.
Ardi juga kembali mengatakan peserta turnamen juga dilindungi asuransi. Sehingga tidak perlu was-was saat mengikuti turnamen bergengsi ini.
Pertandingannya, Ardi mengatakan menerapkan sistem swiss. Khusus junior, menggunakan sistem swiss lima babak.
"Yang senior tujuh babak. Selain piala ketua percasi, juga ada piala bergilir Pak Maulana dan Pak Mahfus yang merupakan motivator catur Kota Jambi yang akan didapatkan peserta," katanya.
Sekali lagi, turnamen Catur Cepat ini sebagai langkah persiapan untuk menghadapi Porprov Jambi tahun 2023 mendatang. "Turnamen ini adalah seleksinya untuk Kota Jambi. Yang juara kita bina untuk persiapan porprov,” pungkas Ardi.(*/sj)