Diumumkan Besok, Hasil UTBK SBMPTN 2022: Ini Cara Cek dan Cetak Sertifikatnya


 SWARAJAMBI.ID – Pengumuman hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 akan diumumkan pada Kamis, 23 Juni 2022, pukul 15.00 WIB.

Proses UTBK SBMPTN 2022 sendiri telah selesai dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada 3 Juni 2022.

Dilansir dari laman resmi LTMPT, pengumuman hasil UTBK SBMPTN baik untuk gelombang I ataupun gelombang II akan diumumkan serentak pada 23 Juni 2022.

Simak cara cek hasil dan cetak sertifikat UTBK di sini. Berikut berkas yang diperlukan jika Anda lolos atau diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dipilih.

"Segenap tim LTMPT memberikan apresiasi kepada seluruh peserta UTBK yang telah berjuang melaksanakan tes dengan jujur. Semoga, apapun hasil yang didapatkan nanti menjadi hasil terbaik bagi seluruh peserta," tulis LTMPT melalui akun Instagram resminya.

Sedangkan untuk melihat hasilnya, peserta UTBK SBMPTN 2022 bisa mengakses di link pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id atau melalui link mirror di masing-masing PTN yang dipilih.


Berikut cara untuk cek hasil UTBK SBMPTN 2022:

- Akses laman resmi LTPMT di link pengumuman-sbmptn.ac.id.

- Masukkan nomor pendaftaran dan tanggal lahir di kolom isisn yang tersedia.

Kemudian, klik hasil dan hasil UTBK SBMPTN 2022 akan muncul


Peserta yang dinyatakan lulus UTBK SBMPTN 2022, maka akan muncul tampilan berupa nomor peserta, nama, tanggal lahir, dan ucapan selamat.

Perlu diketahui, nilai hasil UTBK baru bisa dilihat setelah peserta mencetak atau mengunduh Sertifikat UTBK SBMPTN 2022.

Adapun sertifikat hasil nilai UTBK SBMPTN 2022 ini baru bisa dicetak atau unduh setelah pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2022. Berdasarkan jadwal resmi di laman LTMPT, jadwal cetak atau unduh sertifikat UTBK adalah pada 25 Juni - 31 Juli 2022.


1. Login atau akses ke laman www.pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id


2. Masukkan nomor pendaftaran dan tanggal lahir


3. Klik “Lihat Hasil”


4. Peserta dapat melihat pilihan mencetak sertifikat lalu klik “Unduh”


Jika Anda dinyatakan lulus UTBK SBMPTN 2022, maka Anda harus mengunggah beberapa berkas yang diminta. Adapun unggah berkas ini dilakukan di laman PTN atau Universitas Negeri tempat di mana peserta dinyatakan lolos.


Berikut daftar berkas-berkas yang diperlukan:


1. Kartu tanda peserta SBMPTN


2. STTB asli atau STK (Surat Tanda Kelulusan) asli dan satu salinannya yang sudah dilegalisasi


3. Fotokopi Akte Kelahiran


4. Kartu keluarga


5. Pas foto terakhir


6. Surat pernyataan/perjanjian sebagai mahasiswa PTN penerima


7. Surat perjanjian orangtua (format disediakan kampus)


8. Bukti kelulusan di SBMPTN.