Fraksi Soroti Kinerja Perumda Tirta Muarojambi, Kata Indra Gunawan Wajar Karena Tidak Pernah Diperhatikan

SWARAJAMBI.ID, MUAROJAMBI -- Ternyata tak semua legislator di DPRD Muarojambi mengkritik kinerja Perumda Tirta Muarojambi. Buktinya, anggota DPRD dari PPP, Indra Gunawan,  berbeda pandangan dan kesannya membela perusahaan plat merah tersebut.

Indra mengatakan keluhan yang dilayangkan pelanggan kepada Perumda Tirta Muaro Jambi  sah-sah saja. Sebab pelanggan ingin mendapatkan pelayanan yang terbaik. Karena mereka membayar tiap bulan.

Bagi PDAM, sambungnya keluhan pelanggan itu  harus jadi lecutan semangat agar Perumda jadi lebih baik lagi pelayanannya.

"Namun ada hal penting yang mendasar dan terlupakan, di mana beberapa tahun terakhir ini Perumda Tirta Muaro Jambi tidak pernah diperhatikan," kata Indra Gunawan, Rabu (1/6/2022).

Menurut legislator Dapil Kumpeh Ulu - Kumpeh ini, jika ingin pelayanan baik, tentu harus dibarengin dengan sarana dan prasarana yang baik.

"Bukan bermaksud membela, kritik sah-sah saja. Namun jika ingin pelayanan yang baik, 

wajib hukumnya sarana, prasarana dan SDM diperhatikan. Selama ini, Perumda Tirta Muaro Jambi selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik walau dengan keterbatasan fasilitas yang seadanya," kata Indra.

Menurut pria yang kerap disapa Datuk Paul ini, dengan kondisi mesin yang sudah tidak layak, sudah di luar kapasitas, pastinya akan berpengaruh.

"Kondisi pipa sudah tua. Pompa Submersible sering rusak, pompa Cetrifugal udah tidak layak begitu juga pompa Dosingnya dan keterbatasan alat tekhnis lainnya. Informasi ini saya dapati saat hearing dengan Perumda Tirta Muaro Jambi. Ini tidak bisa kita napihkan, " kata Indra Gunawan.

Indra berharap, pihak eksekutif dan legislatif melihat fakta di lapangan dan sepakat untuk memberikan perhatian lebih kepada Perumda Tirta Muaro Jambi, baik itu secara tekhnis maupun SDM. Sehingga pelayanan untuk masyarakat lebih baik.

"Dan tak kalah penting PAD meningkat di sektor ini," kata Indra.

Bukan bermaksud membela, kata Indra, pihaknya berbicara sesuai fakta. Pasalnya, menurut politisi PPP yang juga wakil Ketua Komisi II ini, dalam hearing yang pernah dilakukan dengan Perumda Tirta Muaro Jambi di situlah dirinya tahu soal sarpras di Perumda yang sudah tak layak seperti yang du sampaikan direktur Perumda Tirta Muarojambi.

"Saya juga sangat mengharapkan sekali Perumda ini bisa menjadi sumber PAD Muaro Jambi yang sangat potensial dan ideal. Apalagi, perkembangan perumahan sangat pesat di Muaro Jambi. Yang jelas, untuk merealisasikan itu semua, sarpras dan SDM di Perumda ini harus kita dukung dan perhatikan," kata Indra.

Diketahui pada Rapat Paripurna dalam agenda Penyampaian Pandangan Umum Fraksi terhadap Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Muarojambi tahun anggaran 2021 beberapa Fraksi menyoroti dan memberi kritikan pedas terhadap kinerja Perumda Tirta Muarojambi yang dianggap kurang baik.(*/sj)