Lakukan Sidak di RSUD Raden Mattaher, Ini Catatan dari Komisi IV DPRD Jambi

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Komisi IV DPRD Provinsi Jambi melakukan inspeksi mendadak (sidak) di RSUD Raden Mattaher Jambi, Rabu (22/6/2022). Hal itu dilakukan untuk menjawab keluhan masyarakat Jambi terhadap layanan rumah sakit plat merah tersebut. Khususnya layanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD),

dimana banyak pasien yang sudah berhari-hari namun belum mendapatkan ruang perawatan.

Dipimpin ketua Komisi IV, Padli Sudria, bersama rombongan Komisi IV Supriyanto (wakil ketua), Eka Marlina (sekretaris), dan Abdul Khafid menuju IGD. Mereka langsung ditemui Kepala Ruangan IGD Ns, Herawansyah dan beberapa tenaga medis lainnya.

“Apa yang terjadi disini sudah kita lihat. Ternyata kendalanya mengenai PCR. Karena pasien harus di PCR dulu baru dimasukkan ke rawat inap,” kata Padli Sudria. 

Berdasarkan keterangan dari pihak rumah sakit, kata Padli, hasil PCR baru keluar selama 1×24 jam. Selama menunggu hasil PCR, pasien diinapkan sementara di ruangan transit.

"Kami rasa ruang transit itu juga tidak efektif karena ruangnya hanya tersedia untuk 10 tempat tidur. Sementara RSUD harus melayani rujukan semua daerah di Provinsi Jambi,” terangnya.

Setelah memantau di IGD, rombongan juga melihat persiapan gedung baru dan fasilitas layanan kesehatan jantung yang nantinya akan menangani pasien jantung.

Karena kedepan RSUD Raden Mattaher akan dijadikan layanan kesehatan jantung terpadu, seperti struk dan kanker. 

"Hari ini kita mengecek kesiapan fasilitasnya untuk MoU tersebut,” kata Padli Sudria.

Ia juga berharap di tahun 2023 mendatang ruangan yang akan dijadikan layanan jantung terpadu yang juga akan dijadikan ruangan VIP yang akan dipindahkan ke gedung baru tersebut.

"Pantau dilapangan kita melihat masih ada fasilitas yang kurang maksimal, kami minta sebelum diresmikan minta segera dibenahi,” tutupnya. (*/sj)