Operasi Patuh Siginjai 2022 Dimulai, Petugas Tetap Mengedepankan Preentif dan Preventif


 SWARAJAMBI.ID, MUAROJAMBI -- Operasi Patuh Siginjai 2022 resmi dimulai hari ini, Senin (13/6/2022). Penertiban ini akan berakhir pada 26 Juni 2022. 

Polres Muarojambi juga telah memberikan himbauan kepada masyarakat, lewat media sosial dan laman Instagram resminya.

Kapolres Muarojambi AKBP Yuyan Priatmaja mengatakan Operasi Patuh Siginjai 2022 merupakan operasi mandiri kewilayahan dan tahun ini Polda Jambi mengangkat tema 'Tertib Berlalu lintas Menyelamatkan Anak Bangsa'. 

"Permasalahan di bidang lalu lintas, saat ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan kebutuhan hidupnya. Tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, Kamseltibcar lantas dan pelanggaran protokol kesehatan," papar Yuyan.

Namun, sambungnya, Operasi patuh tahun 2022 kali ini, lebih mengedepankan kegiatan preentif dan preventif. Operasi juga didukung pola Gakkum lantas secara elektronik dengan menggunakan ETLE dan Mobile. "Tidak diperkenankan melaksanakan Gakkum Lantas secara stasioner," ujar Yuyan.

Sasaran penindakan berupa pelanggaran penanganan angkutan batu bara seperti pelanggaran batas kecepatan, kelebihan muatan dan pelanggaran jam operasional. Selain itu masih ditemukan aksi unjuk rasa pemblokiran jalan yang dilakukan oleh masyarakat yang disebabkan karena aktivitas angkutan batubara. 

"Untuk itu, perlu menjadi perhatian dari petugas di lapangan agar menindak pelanggaran yang dilakukan oleh pengemudi angkutan batubara," katanya. 

Operasi patuh juga akan menindak pelanggaran knalpot Brong, pelanggaran TNKB tidak sesuai spektek, pelanggaran tidak menggunakan Helm SNI, dan melanggar isyarat berlalu lintas.

Diharapkan dengan adanya operasi patuh akan dapat mendorong tercapainya penurunan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. 

"Kemudian angka fatalisasi serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas," kata Yuyan.

Secara simbolis Kapolres Muarojambi AKBP Yuyan Priatmaja memberikan tanda penyematan kepada TNI,Polri, dan Dishub sebagai Tanda Operasi Patuh Siginjai 2022 dimulainya Operasi Patuh 2022.(*/sj)