Sidak ke Stadion Mini, Komisi IV Ungkap Fasilitas dan Sarana Latihan Kurang Memadai

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Komisi IV DPRD Provinsi Jambi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Stadion Mini Provinsi Jambi, Telanaipura, Kota Jambi, Rabu (15/6/2022). Hanya saja, saat tiba di lokasi, 

Fadli Sudria dan Budi Yako tidak melihat satu pun pengurus stadion. Mereka hanya disambut seorang ibu yang mengaku penjaga gedung di stadion mini.

“Kita sidak ke sini untuk melihat asrama para Atlet. Pertama kita lihat menu makan yang bersumber dari APBN. Kedua sarana dan prasarana yang bersumber dari APBD,” kata Sudria.

Dari tinjauan langsung di lokasi, Sudria mengaku melihat adanya kekurangan fasilitas dan sarana latihan olahraga yang kurang memadai. 

”Itu untuk kedepan kita dorong Dispora. Bukan hanya makan minum dan asrama atlet, sementara tempat latihan mereka tidak ada. Ini perlu menjadi perhatian khusus Dispora kedepan sebagai mitra komisi IV DPRD Provinsi Jambi,” jelasnya.

Sudria menilai, pemerintah daerah meminta prestasi kepada atlet tanpa meninggalkan sekolahnya. Tapi, sambungnya, dengan tidak adanya tempat latihan para atlet di stadion mini ini, anggaran untuk makan minum atlet jadi tidak efektif. Ini dikarenakan para atlet harus latihan ke tempat lain. 

“Jika para atlet latihan kaluar, ini sangat berisiko terhadap lakalantas bagi atlet,” ujarnya.

Meski di stadion mini ada asrama, Sudria mengatakan asrama yang ada hanya untuk atlet dan tidak ada asrama untuk pelatih. “Kita lihat masih banyak kekurangan. Nanti kita tanya dispora,” sebutnya.

“Prioritas kita adalah tempat latihan. Ngapain merek tinggal di asrama sini sedangkan latihan di luar dan jauh. Kalau bisa mereka latihan di sini semua,” tegasnya.

Diketahui, komisi IV DPRD Provinsi Jambi hari ini akan memanggil Dispora untuk hearing dan evaluasi serta mempertanyakan kekurangan stadion mini serta hasil sidak yang dilakukannya. 

“Nanti kita panggil Dispora,” pungkasnya.(*/sj)